Dark/Light Mode

Danone Indonesia Siap Kolaborasi, Wujudkan Indonesia Emas 2024

Minggu, 5 November 2023 23:36 WIB
Presiden Jokowi (kanan) bersama pada CEO dalam Kompas100 CEO Main Forum, IKN Nusantara. (Foto: Dok. Danone Indonesia)
Presiden Jokowi (kanan) bersama pada CEO dalam Kompas100 CEO Main Forum, IKN Nusantara. (Foto: Dok. Danone Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengembangan bisnis keberlanjutan merupakan strategi penting untuk mencapai Indonesia Emas 2045. Danone Indonesia turut berperan aktif dalam menginspirasi publik seputar pentingnya kolaborasi untuk mencapai Indonesia Emas dengan menghadiri Kompas100 CEO Main Forum yang diselenggarakan pada 1-2 November 2023, di Balikpapan dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Kegiatan ini dihadiri Presiden Jokowi, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono, Mensesneg Pratikno, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, serta 100 CEO termasuk CEO Danone Indonesia Laurent Boissier.

Tahun 2023 merupakan momen yang tepat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan untuk melaju lebih cepat dengan keterlibatan pelaku sektor usaha nasional dalam pembangunan IKN. Dalam agenda ini, Kompas100 CEO Forum mengajak para pemimpin perusahaan beserta pemangku kepentingan terkait untuk mengunjungi beberapa area di IKN seperti Persemaian Mentawir, progress pembangunan Istana Negara, hingga mendengarkan arahan Presiden Jokowi di area Glamping IKN.

Baca juga : Erick: Kandang Indonesia, Kandang Palestina Juga!!

Dalam sesi pidato pada Main Forum di IKN, Kamis (2/11), Jokowi menyampaikan, kerja sama dan kolaborasi itu sekarang menjadi kunci. Pembangunan IKN tidak bisa dan tidak mungkin dikerjakan pemerintah sendiri. “Oleh sebab itu, kemarin kita rancang 20 persen itu dari anggaran APBN, yang 80 persen itu harus didukung dari private sector,” ucapnya.

Sebelumnya, pada Rabu (1/11), diselenggarakan diskusi panel di Novotel Balikpapan, Kalimantan Timur. Tampil sebagai narasumber sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, yaitu Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

VP General Secretary Danone Indonesia Vera Galuh Sugijanto menyampaikan latar belakang partisipasi Danone Indonesia dalam Kompas100 CEO Forum 2023. Dia menerangkan, Danone memiliki komitmen untuk membawa kesehatan kepada masyarakat Indonesia, tidak hanya melalui produknya yang di produksi di Indonesia tetapi juga melalui inisiatif keberlanjutan. Danone Indonesia mewujudkan komitmen tersebut dengan peta keberlanjutannya “Danone Impact Journey”.

Baca juga : Dukung Industri Kopi, Bank Mandiri Gelar Jacoweek 2023

Melalui 3 pilar di dalamnya, Danone Indonesia dalam menjalankan aksi keberlanjutan dengan memberikan dampak pada kesehatan, kelestarian lingkungan dan dampak positif bagi komunitas baik dalam aspek karyawan maupun masyarakat secara luas.

“Danone Indonesia ingin turut bergabung dengan sejarah dalam pengembangan IKN melalui inisiatif dukungannya terhadap pembangunan miniatur hutan hujan tropis dan pengembangan eco-edutourism serta pengelolaan sampah dengan mengumpulkan sampah plastik dan edukasi kesadaran Bijak Berplastik di IKN, dan juga mendukung akses terhadap hidrasi dan nutrisi yang sehat. IKN membutuhkan konsep keberlanjutan dan komunitas yang sehat untuk maju demi Indonesia emas 2045,” ucapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (5/11).

Sebelumnya, Danone Indonesia juga secara aktif ingin berpartisipasi dalam menginspirasi publik untuk membangun bisnis yang berkelanjutan melalui keterlibatannya pada sesi diskusi bersama pemimpin dari berbagai industri di Indonesia pada CEO Insight yang bertemakan “Menjawab Tantangan melalui Pengembangan Bisnis Keberlanjutan”, di Hotel Shangrila, Jakarta, Selasa (23/10).

Baca juga : Tekan Angka Kebutaan, Roche Indonesia Hadirkan Injeksi Mata Faricimab

“Kami bersyukur telah bergabung dalam Kompas100 CEO Forum dan melihat acara ini sebagai tempat yang tepat untuk berdialog dengan para pemangku kepentingan dan membangun kolaborasi strategis lainnya untuk menciptakan dampak positif bagi Indonesia,” tutup Vera.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.