Dark/Light Mode

Tutup Tahun 2023, 1 PTN dan 3 PTS Jalin Kerja Sama Strategis di Portugal dan Spanyol

Selasa, 5 Desember 2023 21:13 WIB
Kunjungan Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi (APPTHI) ke Portugal dan Spanyol. (Foto: Istimewa)
Kunjungan Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi (APPTHI) ke Portugal dan Spanyol. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagai program penutup tahun 2023, satu perguruan tinggi negeri (PTN) dan tiga perguruan tinggi swasta (PTS) berhasil menjalin kerja sama dengan kampus-kampus ternama di Portugal dan Spanyol. Kerja sama itu terjalin dalam kunjungan Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi Hukum Indonesia (APPTHI), ke Portugal dan Spanyol, 30 November-4 Desember 2023.

Dalam kunjungan ini, APPTHI terdiri atas satu PTN yaitu Universitas Singaperbangsa (Unsika) dan tiga PTS yaitu Universitas Borobudur, Universitas Warmadewa, dan Universitas Esa Unggul. Di sana, APPTHI mengunjungi KBRI Portugal serta Universitas di Spanyol yaitu Universitat Autonoma de Barcelona (UAB). Dengan diorganisasikan Pasqapro, peserta berjumlah 19 delegasi yang seluruhnya terdiri dari rektor, wakil rektor, serta kepala program studi.

Baca juga : Di COP28, PLN Kantongi 4 Kerja Sama Strategis Percepat Transisi Energi

KBRI dijadikan partner strategis oleh APPTHI dalam rangka memberikan informasi kepada perguruan-perguruan tinggi di Indonesia untuk bekerja sama dengan universitas-universitas di Portugal dalam rangka kerja sama riset, pertukaran pelajar, summer camp, visiting professor, publikasi, maupun join conference. KBRI juga berperan sebagai mitra yang memfasilitasi kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat (PKM) bagi dosen-dosen yang ingin bertemu dengan masyarakat Indonesia diaspora.

Kunjungan ini diterima Plt Dubes RI untuk Portugal Ajeng Widianty. Dalam pertemuan itu, Rektor Unsika Prof Ade Maman Suherman menjelaskan, pihaknya memiliki keinginan untuk memperkuat basis kerja sama internasional dalam rangka meningkatkan baik kualitas maupun status akreditasi kampus negeri di Karawang tersebut. Kunjungan ke Portugal dan Spanyol untuk menjalin kerja sama dengan universitas-universitas yang memiliki ranking dunia sebagai benchmarking, terutama dalam tata kelola pembelajaran dan riset.

Baca juga : Ada Reuni 212, Hindari Kawasan Monas Dan Sekitarnya Sampai Pukul 11 Siang Ini

Ketua Delegasi APPTHI Wasis Susetio yang juga Dosen Fakultas Hukum Universitas Esa Unggul mengatakan, kegiatan International Networking Trip kali ini sebagai bagian dari upaya untuk memperkaya pengetahuan dan pengalaman para pimpinan perguruan tinggi dan juga dosen di bidang hukum. “Melalui kunjungan ini, tentunya akan menambah jaringan para pimpinan perguruan tinggi sehingga mereka mempunyai reputasi dan kompetensi bertaraf internasional,” ucapnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (5/12).

Dalam kunjungan ke kampus Universitat Autonoma de Barcelona (UAB), Senin (4/12), dilakukan penandatanganan kerja sama Unsika, Universitas Borobudur, dan Universitas Warmadewa dengan Fakultas Hukum (Fakultat De Dret) UAB. Dalam kesempatan itu, Prof Faisal Santiago menjelaskan bahwa Universitas Borobudur, khususnya program doktoral, memiliki program-program internasional yang menjadi salah satu andalan.

Baca juga : Tutup Tahun 2023, Big Bad Wolf Books Kali Pertama Hadir di Mall Alam Sutera

Sementara, Dekan Fakultas Hukum Universitas Warmadewa Prof I Nyoman Budhiarta menjelaskan, kunjungan ini untuk melakukan kerja sama dengan kampus di Spanyol seperti UAB yang memiliki rangking nomor 3 di Spanyol. Ini merupakan tambahan nilai positif.

Kata dia, ini adalah kesempatan pertama Universitas Warmadewa mendapatkan mitra di Spanyol. Dia berharap, kerja sama ini semakin memperkaya dan memberi warna bagi perkembangan tata kelola institusi Fakultas Hukum, maupun materi pembelajaran bagi mahasiswa-mahasiswanya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.