Dark/Light Mode

FBS Universitas Nasional Fasilitasi Dosen dalam Pelatihan Jurnal Scopus

Selasa, 11 Juni 2024 22:18 WIB
Para Dosen Fakultas Bahasa dan Sastra Unas dalam Pelatihan Penulisan Artikel Menuju Jurnal Scopus. (Foto: Dok. Unas)
Para Dosen Fakultas Bahasa dan Sastra Unas dalam Pelatihan Penulisan Artikel Menuju Jurnal Scopus. (Foto: Dok. Unas)

RM.id  Rakyat Merdeka - Fakultas Bahasa dan Sastra (FBS) Universitas Nasional (Unas) memfasilitasi pelatihan bagi para dosen dalam publikasi jurnal terindeks Scopus. Kegiatan kerja sama Tri Dharma Perguruan Tinggi antara Unas dan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar itu untuk menunjang dosen dalam pengurusan jabatan fungsional dan sebagai persyaratan untuk program doktoral bagi dosen.

“Penulisan jurnal terindeks Scopus tidak murah dan tidah mudah, sehingga kita berupaya untuk mengejar hal itu. Ini merupakan syarat wajib dan mutlak bagi dosen yang sedang melakukan pengurusan kepangkatan atau jabfung dan juga bagi dosen FBS yang sedang melanjutkan studinya di jenjang doktoral,” tutur Dekan FBS Unas, Somadi, di Ruang Seminar Menara Unas, Jakarta, Ahad (9/6).

Baca juga : OSO: Fasilitas Dan Dokter Indonesia Tak Kalah Hebat Dari Luar Negeri

Menurut Somadi, publikasi karya ilmiah memerlukan kolaborasi yang baik, sehingga memerlukan pendampingan supaya hasilnya optimal. Salah satu tujuannya sebagai upaya mendorong akreditasi program studi.

Narasumber dari Unhas, Prof Fathu Rahman, menyampaikan bahwa pelatihan ini sebagai penguatan dan peningkatan individu tenaga pengajar agar bertanggung jawab mendorong ilmu pengetahuan.

Baca juga : Pemkot Tangerang Fasilitasi Warga Terkendala Penerbitan Sertipikat Tanah

“Salah satunya melalui pelatihan publikasi yang sudah dipersiapkan sedemikan baik bagi seluruh dosen. Membangun wawasan agar dapat digunakan untuk pengurusan kepangkatan jabatan fungsional,” kata Fathu Rahman.

Fathu melanjutkan, melihat potensi dosen yang sangat luar biasa, pelatihan publikasi jurnal terindeks Scopus ini diharapkan dapat berjalan normal, wajar dan terstuktur. Sehingga, dalam pelaksaan kegiatan ini Unas bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas publikasi bersama dengan perguruan tinggi lainnya.

Baca juga : Universitas Trisakti Komit Jadi Perguruan Tinggi Swasta

Fathu mengungkapkan, dengan publikasi yang sudah teindeks Scopus maupun jurnal berkualitas, dapat membawa nama baik Unas di dunia pendidikan. “Dengan publikasi kita bisa menawarkan pikiran yang cemerlang untuk membawa nama baik Unas,” ungkapnya.

Ia mengharapkan, agar mahasiswa dalam studinya menerapkan publikasi ilmiah agar bisa berkontribusi dalam kepentingan perguruan tinggi dalam mempertahankan akreditasinya. “Bukan hanya bagi dosen tapi juga mahasiswa agar dapat berkolaborasi dengan mengikuti ketentuan yang ada,” pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.