Dewan Pers

Dark/Light Mode

Investasi Pada Teknologi Dan SDM Krusial Untuk Keberlanjutan Di Indonesia

Selasa, 16 Nopember 2021 16:36 WIB
Forum CEO Live Series #3 dalam rangkaian 12th Kompas100 CEO Forum: Ekonomi Sehat 2022, di Jakarta, Senin (15/11). (Foto: Danone Indonesia)
Forum CEO Live Series #3 dalam rangkaian 12th Kompas100 CEO Forum: Ekonomi Sehat 2022, di Jakarta, Senin (15/11). (Foto: Danone Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - Isu keberlanjutan menjadi hal krusial dan teramat penting dewasa ini. Bagi sebagian kalangan, keberlanjutan bahkan menjadi an endless issue yang terus mendapat perhatian dan pengelolaan dari waktu ke waktu. Bagi dunia usaha, isu mengenai keberlanjutan menjadi bukan hanya menciptakan proses bisnis yang memastikan keberlanjutan lingkungan, baik lingkungan alam maupun sosial, tetapi juga sekaligus merupakan bagian dari memastikan keberlanjutan bisnis perusahaan itu sendiri.

Demikian yang disampaikan Communication Director Danone Indonesia Arif Mujahidin, dalam CEO Live Series #3 yang diselenggarakan dalam rangkaian 12th Kompas100 CEO Forum: Ekonomi Sehat 2022, di Jakarta, Senin (15/11). Selain Arif, hadir sebagai pembicara Ketua Tim Ahli Kementerian Perdagangan Bayu Krisnamurthi, SVP Strategy & Investment PT Pertamina Daniel S Purba, EVP Electricity System Planning PT PLN Edwin Nugraha Putra, dan Director Sustainability and Stakeholder Relations Asian Agri Bernard A Riedo.

Berita Terkait : Wapres: Optimalkan Teknologi Untuk Pelayanan Publik

Arif mengatakan, Danone Indonesia memiliki satu slogan unik yang menggambarkan betapa pentingnya keberlanjutan, yakni One Planet, One Health. “Kita hanya punya satu planet, dan kita hanya hidup di bumi ini satu kali. Sehingga apa pun yang dilakukan, kita tidak boleh melakukan sesuatu yang merusak planet dan merusak kesehatan. Jadi antara human health dan planet health itu sangat interconnected,” ucap Arif.

Arif melanjutkan, inisiatif-inisiatif yang dilakukan Danone Indonesia, selain menempatkan lingkungan alam sebagai bagian yang penting, juga menempatkan manusia sebagai sesuatu yang tak kalah penting. “Prinsip sustainability ini diimplementasikan di semua tempat. Di marketplace, di workplace, hingga di environment," terang Arif.

Berita Terkait : Ini 8 Lawan Persib Di Seri 3 Liga 1 Indonesia

Danone Indonesia memastikan, proses produksi di industrinya tidak boleh merusak planet. Tujuan utama Danone Indonesia adalah memproduksi produk kesehatan manusia. Demikian juga ke masyarakat. Pihaknya tidak akan bisa menjual produk bila daya beli masyarakat rendah. Danone juga tidak bisa mengantarkan produk bila lingkungan tidak baik.

"Semua saling terkait. Oleh karena itu apa pun yang dilakukan Danone Indonesia adalah memastikan operasi kita dari hulu ke hilir tidak merusak planet,” sambungnya.

Berita Terkait : Kontribusi Perdagangan Ritel Dukung Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Berangkat dari pemahaman tersebut, ia menilai, sustainability bagi dunia usaha bukan hanya berarti menjaga keberlangsungan lingkungan dan masyarakat sekitar. Tapi yang juga tak kalah penting ialah sebenarnya bertujuan untuk menjaga perusahaan tersebut tetap dapat beroperasi dan sustain.
 Selanjutnya