Dark/Light Mode

Gandeng PLN, PGN Dongkrak Penggunaan Gas Di Sektor Kelistrikan

Kamis, 30 Mei 2019 09:43 WIB
Pegawai PGN sedang mengecek pipa gas. (Foto: PGN)
Pegawai PGN sedang mengecek pipa gas. (Foto: PGN)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) dan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) sepakat untuk meningkatkan sinergi dalam format yang baru untuk peningkatan penggunaan gas untuk sektor kelistrikan.

Sekretaris Perusahaan PGN Rachmat Hutama mengatakan, bahwa format baru dari sinergi ini akan memberikan benefit yang lebih optimal untuk kedua perusahaan. Sebab, PLN bersedia memaksimalkan penggunaan gas untuk pembangkitannya terutama seperti di wilayah Lampung, Jawa Barat, dan Jakarta.

Baca juga : Calon Ketum Hipmi Ini Dorong Pengusaha Muda Naik Kelas

Kesediaan PLN untuk menggunakan lebih banyak gas sebagai sumber energi pembangkitannya tersebut maka PGN bersedia untuk memberikan harga yang lebih kompetitif bagi PLN. Ia juga menambahkan, bahwa selama ini PGN dan PLN tidak memiliki hutang piutang yang signifikan atas transaksi jual beli gas dimaksud.

Sesuai dengan kesepakatan yang ada, bahwa PGN dan PLN akan melakukan optimalisasi terhadap pelaksanaan Kerja Sama Eksisting yang mencakup peningkatan volume gas, penerapan harga gas yang lebih kompetitif dan terjangkau serta jangka waktu kontrak.

Baca juga : Transaksi Elektronik Dongkrak Pendapatan Daerah

“Tahun ini, PGN melakukan review kontrak penjualan gas kepada PLN dengan terms yang baru, termasuk review harga gas yang akan dilakukan pada pertengahan tahun ini sebagai implementasi Peraturan Menteri ESDM No 58 Tahun 2017 tentang Harga Jual Gas Bumi Melalui Pipa Pada Kegiatan Usaha Hilir Minyak dan Gas Bumi,” kata Rachmat.

Di samping itu, PLN dan PGN juga sedang membicarakan kerja sama di bidang pembangunan infrastruktur LNG utk mendukung pasokan gas ke pembangkit-pembangkit PLN yang eksisting dan untuk pembangunan pembangkit yang baru di beberapa lokasi.

Baca juga : Gandeng Jamdatun, BPJS Tenaga Kerja Usut Perusahaan Nakal

“Lebih lanjut, ini merupakan pure gesture positive PGN untuk memberikan tarif yang optimal untuk mendukung pelayanan PLN kepada masyarakat,” katanya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.