Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jelang Arus Mudik, Dinkes Kota Tangerang Siapkan 5 Posko Kesehatan

Sabtu, 18 Mei 2019 21:10 WIB
Ilustrasi Posko Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tangerang saat arus mudik. (Foto: Istimewa).
Ilustrasi Posko Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tangerang saat arus mudik. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang arus mudik lebaran, Dinas kesehatan (Dinkes) Kota Tangerang sedang mempersiapkan segala keperluan. Mereka akan mendirikan posko di 5 titik.

Posko itu rencananya didirikan di titik-titik dengan tingkat kepadatan arus lalu lintas tinggi, rawan kemacetan dan rawan kecelakaan. Kelima posko tersebut berada di Jalan Jenderal Gatot Subroto di depan PT Gajah Tunggal, Pertigaan Jalan Jenderal Sudirman di depan Tangerang City Mall, di depan CBD Ciledug, Batuceper, dan Terminal Poris Plawad.

Dijadwalkan, H-8 Idul Fitri posko kesehatan sudah berdiri sehari sesudahnya atau H-7 Idul Fitri petugas sudah langsung disiagakan.

Baca juga : Mangkir Bersaksi, Ratu Tisha Terancam Pidana 9 Bulan

Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primier dan Kesehatan Tradisional Dinkes Tangerang Sutanto mengatakan, pendirian posko kesehatan dimaksudkan untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Selain itu juga sebagai antisipasi jika terjadi kejadian luar biasa seperti keracunan dan kecelakaan bagi para pemudik selama arus mudik dan balik lebaran.

“Jadi Kita tempatkan posko itu di jalan yang dilewati oleh para pemudik dan yang arusnya paling tinggi. Bagi para pemudik yang ingin berisirahat atau mengecek kesehatan bisa kami langsung ke posko. H-7 kita bertugas dan dibubarkan pada H-7 juga,” ujarnya, Jumat, (17/5).

Baca juga : Jelang Liga 1 2019, Polri Diminta Pertimbangkan Dulu Izin Pertandingan

Untuk menentukan titik yang tepat kata Sutanto pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi yang terlibat yakni Polres Metro Kota Tangerang.

“Kita juga sudah koordinasi dengan beberapa intansi seperti Dishub dan Polres,” imbuhnya.

Guna mendukung operasional posko kesehatan setiap posko disiagakan tim reaksi cepat. Yang didukung peralatan penunjang medis dan obat-obatan, satu unit ambulans serta 4 orang perawat dan 1 dokter. Ditambah dari petugas kepolisian serta Dishub kota Tangerang. Mereka yang bertugas terbagi dalam 2 ship pagi dan malam.

Baca juga : Layani Pemudik, Pelni Siapkan 26 Kapal

“Kita sediakan Ambulance juga untuk tindakan cepat. Ada sekitar 5 petugas dengan 1 dokter di setiap posko nanti dibantu juga dari kepolisian dan Dishub. Sedangkan terkait dengan kita tidak membuka posko 24 jam karena kita punya UGD,” ujarnya.

Selain Mendirikan posko kesehatan Dinkes Kota Tangerang juga membuka pelayanan kesehatan di Puskemas maupun Rumah Sakit. “Kalau di Puskesmas kan kita sudah ada yang 24 jam,” pungkasnya. [FAN/MDE]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.