Dark/Light Mode

Lewat Kampung Masdarling, Badak LNG Terus Dorong Masyarakat Kurangi Penggunaan Plastik

Rabu, 24 April 2019 09:01 WIB
Kemasan makanan atau oleh-oleh yang lebih ramah lingkungan, kini semakin masif digunakan di Kelurahan Gunung Telihan, Kota Bontang, Kalimantan Timur. Ini merupakan salah satu upaya mengurangi dampak plastik di wilayah tersebut. (Foto: Humas Badak LNG)
Kemasan makanan atau oleh-oleh yang lebih ramah lingkungan, kini semakin masif digunakan di Kelurahan Gunung Telihan, Kota Bontang, Kalimantan Timur. Ini merupakan salah satu upaya mengurangi dampak plastik di wilayah tersebut. (Foto: Humas Badak LNG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kesadaran mengenai bahaya sampah plastik telah meluas di berbagai kalangan, termasuk di Kelurahan Gunung Telihan Kota Bontang, Kalimantan Timur. Bahkan, masyarakat di kelurahan tersebut telah berkomitmen untuk mengurangi penggunaan plastik, untuk mengurangi dampak sampah plastik.

Bersama Badak LNG yang merupakan bagian dari Pertamina Group, warga di kelurahan ini membentuk Kampung Masdarling atau Masyarakat Sadar Lingkungan yang memiliki sejumlah program seperti Kampung Sehat dengan jalan batu terapinya, Kampung Jajan dan Kampung Oleh-oleh yang menyajikan cemilan serta kuliner khas Masdarling, Kampung Main yang menawarkan permainan tradisional dan Perpustakaan Keliling, serta Kampung Narsis yang menjadi spot foto favorit wisatawan.

Baca juga : Anggota DPR Tak Perlu Diberi Uang Pensiun

Pengurangan penggunaan plastik terlihat tidak hanya di kegiatan sehari-hari masyarakat, namun juga aktivitas pariwisata yang ada di kampung ini. Antara lain, penggunaan sedotan dan gelas plastik, serta penggunaan kemasan makanan atau oleh-oleh yang lebih ramah lingkungan.

Direktur Pemasaran Korporat PT Pertamina (Persero) Basuki Trikora Putra pun memberi apresiasi positif bagi program ini, saat mengunjungi Kampung Masdarling, Senin (22/4). 

Baca juga : Banyak Panasnya, Lupa Pendinginan

"Ini kegiatan yang positif sekali, membangun kesadaran masyarakat untuk bisa hidup lebih baik lagi. Membangun perekonomian. Program CSR ini dapat menjadi awal bagi masyarakat, untuk dapat meningkatkan kesejahteraan sosial mereka,” tuturnya. 
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.