Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jadi Provinsi Terbaik Dalam Layanan Investasi 2021, Jateng Top Markotop

Rabu, 24 November 2021 16:37 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) saat menerima penghargaan dari Presiden Jokowi (kedua kiri) yang didampingi Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (kiri) dalam acara Rakornas Investasi 2021 di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Rabu (24/11). (
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) saat menerima penghargaan dari Presiden Jokowi (kedua kiri) yang didampingi Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (kiri) dalam acara Rakornas Investasi 2021 di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Rabu (24/11). (

RM.id  Rakyat Merdeka - Kerja keras Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo dalam mereformasi birokrasi, untuk memberikan pelayanan yang baik, membuahkan hasil.

Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menobatkan Jawa Tengah sebagai provinsi terbaik nasional dalam pelayanan investasi tahun 2021. Mengalahkan Jawa Barat dan Sumatera Barat, yang menempati peringkat 2 dan 3.

Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Presiden Jokowi kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dalam acara Rakornas Investasi 2021 di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Rabu (24/11).

Baca juga : Expo Dubai 2022, Indonesia Tawarkan Berbagai Investasi Infrastruktur

Tak hanya unggul dalam skala provinsi, sejumlah kabupaten/kota di Jawa Tengah juga mendapatkan penghargaan pelayanan investasi terbaik. Di antaranya Kota Semarang, Kabupaten Banyumas, dan Kabupaten Sragen.

“Ikhtiar kawan-kawan melakukan reformasi terhadap layanan dengan berbagai kemudahan, telah membuahkan hasil. Saya mengucapkan terima kasih pada kawan-kawan, baik di provinsi maupun kabupaten/kota atas capaian ini. Meski begitu, kita tidak boleh berpuas diri,” kata Ganjar seperti dikutip laman resmi Pemprov Jateng, Rabu (24/11).

Menurutnya, masih ada pekerjaan besar yang harus dilakukan. Setelah pelayanan baik, tahap selanjutnya adalah mewujudkan realisasi investasi.

Baca juga : Dubes Heri Dorong Kerja Sama Investasi Dengan Jepang

“Seperti pesan Pak Presiden tadi, bagaimana meningkatkan realisasi. Beliau juga pesan, jangan hanya yang besar-besar. Tetapi juga investasi kecil, UKM, dan lainnya. Saya harap semua bisa mempertahankan ini. Saya mengucapkan terima kasih, karena ini bagian dari komitmen kawan-kawan,” ucapnya.

Ganjar menerangkan,  Jateng melakukan banyak hal untuk memberikan pelayanan terbaik di sektor investasi.

Jateng selalu konsisten dalam pelaksanaan online single submission (OSS). Di samping memberikan kemudahan-kemudahan lain seperti pemberantasan pungutan liar (pungli) dan layanan prima di mal pelayanan publik.

Baca juga : Ultra Voucher Gratiskan Biaya Cetak Layanan Investasi Emas

“Saya minta kawan-kawan proaktif mengundang investor, membantu mereka, dan memastikan tidak ada pungli. Kami juga menjadi guide pada calon investor. Tak hanya terbatas pada perizinan, tetapi sampai mereka melakukan usaha,” jelasnya.

Konsep after sales service, juga dilakukan di Jateng. Dalam konteks ini, pelayanan tidak terhenti sampai izin dikeluarkan. Namun jika di tengah jalan terjadi masalah, Pemprov Jateng akan turun tangan.

“Seringkali para pengusaha itu mengalami kesulitan di tengah jalan, jadi saya minta kawan-kawan bantu. Tidak hanya selesai saat memberikan izin di awal, tetapi juga meng-guide mereka sampai akhir,” pungkas Ganjar.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.