Dark/Light Mode

Tanam Bibit Pisang Cavendish

PNM Modali 81 Ribu Ibu-ibu Di Sukabumi

Kamis, 25 November 2021 06:50 WIB
Gerakan penghijauan dengan penanaman perdana bibit pisang Cavendish bagi para petani lokal di Kampung Lio, Desa Sinarjaya, Warungkiara, Sukabumi, Jawa Barat (23/11). (Foto: Istimewa).
Gerakan penghijauan dengan penanaman perdana bibit pisang Cavendish bagi para petani lokal di Kampung Lio, Desa Sinarjaya, Warungkiara, Sukabumi, Jawa Barat (23/11). (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Permodalan Nasional Madani atau PNM berkolaborasi dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/ BPN), Kementerian Koperasi & Usaha Kecil Menengah (Kemenpkop UKM), dan PT Great Giant Pineapple (GGP), memberdayakan petani Kecamatan Warung Kiara, Sukabumi, dengan menanam pisang cavendish.

Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PNM Sunar Basuki mengatakan, dalam mengembangkan perkebunan pisang, petani diberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Di sini, PNM juga ikut berkontribusi memberikan pembiayaan kepada istri petani maupun kaum ibu sekitar Warung Kiara. PNM tidak hanya memberikan pembiayaan, tetapi juga pendampingan.

Baca juga : Bakrie Amanah-BMM Bangun Rumah Untuk Dhuafa Di Sukabumi

“PNM melayani pembiayaan. Hingga saat ini pembiayaan berbasis kelompok yang telah kami layani di Sukabumi sebanyak 81 ribu ibu-ibu, dan 10,8 juta nasabah seluruh Indonesia,” rinci Sunar dalam keterangan resminya yang diterima, kemarin.

Ia mengatakan, upaya PNM dalam meningkatkan kesejahteraan perempuan dilakukan melalui PNM Mekaar. Program ini merupakan salah satu produk unggulan PNM untuk pemberdayaan dan pembiayaan perempuan pra-sejahtera, berbasis kelompok yang diluncurkan pada awal 2016.

Baca juga : Barcelona Vs Juventus, Pjanic Rindu Main Di Turin

“Bentuk tanggung jawab sosial yang dilakukan perusahaan terhadap masyarakat sekitar, sangatlah penting akan peran perusahaan kepada masyarakat,” tegas Sunar.

Selama tenggang waktu panen, paparnya, istri para petani diberikan pembiayaan dan diajarkan untuk disiplin dan kerja keras. Serta tanggung renteng, bersatu memajukan usaha ibu-ibu nasabah PNM Mekaar. Sekaligus diberikan pelatihan kapasitas usaha makanan berbahan baku pisang.

Baca juga : Gantikan Reni, PDIP Menangkan ABS dan Sirojudin Di Sukabumi

Dalam kesempatan sama, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi langkah PNM, GGP, dan BNI dalam memberdayakan masyarakat pada program Reforma Agraria.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.