Dark/Light Mode

Libur Nataru, Truk Odol Nakal Di Tol Tangerang-Merak Bakal Ditindak

Sabtu, 27 November 2021 09:36 WIB
Petugas tertibkan pelanggaran Odol di jalan Tol Tangerang Merak. [Foto:Astratol]
Petugas tertibkan pelanggaran Odol di jalan Tol Tangerang Merak. [Foto:Astratol]

RM.id  Rakyat Merdeka - Menjelang libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru),  Astra tol Tangerang-Merak bersama Korlantas Polri dan Dinas Perhubungan darat Provinsi Banten melakukan penindakan bersama untuk truk-truk atau kendaraan-kendaraan overdimension dan overload (ODOL) yang melintas di jalan Tol Tangerang-Merak.

Selain untuk keselamatan, langkah ini diyakini mampu mendongkrak pertumbuhan bisnis pengangkutan barang dengan truk.

Direktur Astra tol Tangerang-Merak, Adhie Resza mengatakan, penertiban kendaraan ODOL menjadi bagian dari upaya ASTRA Tol Tangerang-Merak yang merupakan urat nadi trans Jawa Sumatera yang menghubungkan Pelabuhan Merak dengan berbagai kawasan industri di Jabodetabek dan sekitarnya. 

Baca juga : Diungkap Saksi, Alasan Veronika Diutus Turunkan Pajak Bank Panin

“Upaya ini untuk meningkatkan pelayanan, sekaligus demi menjaga keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan,”kata Adhie dalam keterangannya, Sabtu (27/11).

Sebelumnya, Astra ToL Tangerang-Merak melakukan kampanye stop kendaraan Overdimensi dan Overload (ODOL), dengan menerapkan prinsip 3E Education, Engineering, dan Enforcement.

Penerapan 3E di antaranya sebagai upaya edukasi melalui pesan-pesan animasi di media sosial dan platform VMS di jalur, serta penambahan pemasangan sensor Weight In Motion (WIM), dari sejumlah WIM yang sudah terpasang sebelumnya di gerbang tol untuk mendeteksi beban kendaraan sebagai upaya engineering. 

Baca juga : Kecelakaan Beruntun Bus Pariwisata Di Tol Tangerang-Merak, Satu Tewas

Sejak tahun 2014,  ASTRA Tol Tangerang-Merak telah memanfaatkan teknologi Weigh in Motion (WIM) sebagai upaya pengendalian kendaraan ODOL dan tahun ini juga telah menambah teknologi tersebut. 

Hal ini juga merupakan langkah menuju Intelligent Transportation System. Hingga saat ini WIM sudah terpasang pada Gerbang Tol Cilegon Barat, Cilegon Timur, Serang Barat dan Cikande. 

Kendaraan yang melintasi WIM, akan secara otomatis ditimbang dan diketahui bobotnya, jika melebihi kapasitas beban yang diizinkan akan diberi tiket khusus untuk keluar gerbang tol terdekat.

Baca juga : Hadapi Libur Nataru, Pemerintah Godok Kebijakan Mobilitas Masyarakat

Pada kegiatan kampanye ODOL ini, juga dilakukan kick off  penetapan Satgas (Satuan Tugas) Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) Astra Infra Grup secara serentak di Ruas Tol Tangerang-Merak, Tol Cipali dan Tol Jombang-Mojokerto. Satgas Nataru Astra Infra Grup ini akan bertugas memberikan pelayanan kepada pengguna jalan tol Astra Infra selama Natal dan Tahun Baru. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.