Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Wujudkan Santri Berdaya Saing, Pertamina Lubricants Luncurkan Program ESS

Kamis, 2 Desember 2021 19:32 WIB
Pertamina Lubricants kembali menjalankan program Enduro Sahabat Santri (ESS) di Yayasan Pendidikan Islam Darul Falakiyah, Tangerang, Kamis (2/12). (Foto: Dok. PTPL)
Pertamina Lubricants kembali menjalankan program Enduro Sahabat Santri (ESS) di Yayasan Pendidikan Islam Darul Falakiyah, Tangerang, Kamis (2/12). (Foto: Dok. PTPL)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Lubricants (PTPL) kembali menjalankan program Enduro Sahabat Santri (ESS) di Yayasan Pendidikan Islam Darul Falakiyah, Tangerang, Kamis (2/12).

Hal ini sebagai bentuk kontribusi nyata untuk membentuk generasi muda unggul Indonesia sekaligus sebagai langkah dalam membangun usaha bengkel otomotif yang terintegrasi.

Program ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara PTPL dan Yayasan disertai dengan peresmian Bengkel Enduro Express "Bejo Racing Motor Enduro".

Bengkel diresmikan PTPL bersama Kepala Yayasan Pendidikan Islam Daarul Falahiyyah Ustad Imron dan disaksikan secara langsung oleh Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial & Trading (C&T) PT Pertamina (Persero) Irto Petrus Ginting.

Baca juga : Optimalkan Layanan, Asabri Luncurkan Pembaruan Aplikasi Mobile

Hadir pula Koordinator Kemitraan Direktorat Bina Kelembagaan Pelatihan Vokasi Pendy S. T, Koordinator Bidang Program dan Evaluasi Balai Besar Peningkatan Produktivitas Lucia Hartiningtyas, Ketua FKN BLK Komunitas Kementerian Ketenagakerjaan Gus M Ghozi Alfatih dan Wakil Ketua Bidang Kemitraan FKN BLK Komunitas Kementerian Ketenagakerjaan Zainul Arifin.

ESS merupakan program pengembangan ilmu wirausaha (entrepreneurship) dan penerapan ilmu teknis otomotif di bidang perbengkelan roda dua dimana para santri akan di asah kemampuannya dalam berbisnis, berjualan dan memasarkan produk dan jasa (sales & marketing) dan menekuni ilmu teknis sebagai mekanik bengkel.

Program ini adalah inovasi yang memberikan kesempatan kerja bagi para santri sehingga mereka mampu memiliki daya saing tinggi serta menjadi bagian dari motor roda perekonomian nasional.

MoU dan bantuan pendirian bengkel ini merupakan upaya sinergi Pemerintah, komunitas, dunia usaha dan dunia industri (Dudi) dalam meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia yang unggul dengan mendekatkan akses pelatihan bagi masyarakat.

Baca juga : Mahfud MD Desak Semua Pemda Jalankan Reformasi Birokrasi

Dalam hal ini, PTPL menjalankan program Enduro Sahabat Santri (ESS) bekerja sama dengan FKN BLK Komunitas kementrian Ketenagakerjaan RI, dan pesantren.

Sebelumnya program percontohan (pilot project) ESS telah dijalankan di Pesantren Majelis Ilmu Rahmatan Lil'Alamin, Cibubur, Jakarta Timur pada September 2021.

Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Petrus Ginting menyampaikan bahwa, PTPL sebagai anak perusahaan mendapat dukungan penuh untuk menjalankan program ini.

"PT Pertamina Patra Niaga memberikan apresiasi dan dukungan penuh kepada program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) berbasis Creating Shared Value (CSV) Enduro Sahabat Santri (ESS) ini," ujar Irto.

Baca juga : Ulang Tahun ke 45, Pyridam Farma Luncurkan Pyfaesthectic

Irto menambahkan, hal ini dilakukan sebagai tanggung jawab Pertamina kepada masyarakat, dimana kami hadir sebagai salah satu motor penggerak perekonomian bangsa.

"Kami berharap kolaborasi bersama dengan yayasan/pesantren dan Kementerian Ketenagakerjaan dapat dijalankan secara berkelanjutan sesuai dengan roadmap TJSL Pertamina di tahun mendatang,”pungkasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.