Dark/Light Mode

Operasikan Kapal Secara Digital, Pertamina Trans Kontinental Terapkan Sistem TCMS

Senin, 15 November 2021 07:32 WIB
Foto: Dok. Pertamina Kontinental
Foto: Dok. Pertamina Kontinental

RM.id  Rakyat Merdeka - Memegang teguh komitmen Pertamina Group dalam upaya transformasi digital dari hulu hingga hilir, Pertamina Trans Kontinental (PTK) sebagai bagian dari Subholding Integrated Marine Logistics berhasil menerapkan sistem monitoring operasional kapal digital melalui Transko Condition Monitoring System (TCMS).

Penerapan TCMS ini membuat PTK mampu memonitor data harian operasi peralatan secara digital pada 355 unit Kapal yang melayani distribusi energi di seluruh pelabuhan Pertamina.

Baca juga : Kilang Cilacap Kebakaran, Pertamina Pastikan Produksi Jalan Terus

"Tujuan dari penerapan TCMS ini bukan hanya sebatas mengambil data namun Data yang diambil tentu harus dianalisis oleh ahli, sehingga ada rekomendasi dan planning yang bisa kita eksekusi. Tujuannya untuk selalu melakukan proactive maintenance,” ujar Direktur Utama PTK, Nepos MT Pakpahan, Minggu (14/11).

Acara Go Live aplikasi TCMS dilaksanakan secara daring dan luring pada tanggal 10 November 2021 dan dihadiri oleh Direktur Utama PTK, Nepos MT Pakpahan, jajaran Direksi dan Manajemen PTK, serta para perwakilan dari kapal operasional milik PTK.

Baca juga : Keren! Kemnaker Gondol Predikat Sangat Baik Penerapan Sistem Merit

“Untuk meningkatkan kredibilitas, tentu harus kembangkan pemeliharaan lalu kita tingkatkan prosesnya dengan digitalisasi,” lanjut Nepos MT Pakpahan.

Ia menambahkan bahwa inovasi sistem digital ini merupakan perwujudan dari pemeliharaan kapal operasi PTK yang terencana dan berkelanjutan.

Baca juga : Percepat Pengembangan SDM Secara Digital, Ruangguru Luncurkan Ruang Literasi

Yudi Wibisono selaku Project Leader memaparkan tentang proses pencatatan yang dilakukan dengan perangkat berbasis mobile.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.