Dark/Light Mode

Kemitraan Strategis Di Bandara Kualanamu Dorong Realisasi Konsep Aerotropolis

Rabu, 8 Desember 2021 14:18 WIB
Bandara Kualanamu. (Foto: ist)
Bandara Kualanamu. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Anggota Komisi VI DPR, Andre Rosiade menyatakan, kemitraan strategis antara PT Angkasa Pura (AP) II dan GMR Airports Consortium bisa menjadi faktor utama pendorong realisasi konsep Bandara Internasional Kualanamu sebagai aerotropolis. Konsep kota bandara ini memiliki tata letak, infrastruktur, jaringan transportasi massal, dan sektor ekonomi yang berpusat pada bandara. 

Artinya, Bandara Kualanamu akan menjadi pusat kegiatan yang dikelilingi berbagai fasilitas pendukung yang terletak di dalam atau di luar pagar bandara, seperti perkantoran, penginapan, area komersial, hiburan, pendidikan, layanan kesehatan berkelas, dan berbagai kawasan industri.

“Hanya, untuk mencapai itu semua, peningkatan rute penerbangan internasional dan trafik penumpang yang signifikan dianggap sebagai kunci pada faktor utama," kata Andre, Rabu (8/12).

Baca juga : Kebijakan Tarif Cukai Dinilai Belum Sejalan Dengan Evolusi Industri Vape

Kemitraan strategis yang tujuannya untuk meningkatkan rute penerbangan internasional dan trafik penumpang ini, menurutnya jelas akan mendorong pengembangan komersial dan industri lebih cepat di area tersebut menuju konsep aerotropolis. Usaha peningkatan rute penerbangan internasional dan trafik penumpang ini perlu ditopang oleh pembangunan infrastruktur Bandara Kualanamu. 

Oleh karena itu, Andre menjelaskan, pada 3 tahun pertama GMR Airports wajib menyiapkan capital expenditure (capex) atau belanja modal sebesar Rp 3 triliun. Dana itu akan dipakai untuk membangun infrastruktur Bandara Kualanamu, seperti untuk penambahan runway yang saat ini hanya satu akan menjadi dua.

"Gedungnya juga harus ditambah. Gedung yang ada saat ini hanya mampu menampung 10 juta penumpang dan itu pun sudah over capacity," ujarnya.

Baca juga : Angkasa Pura II Ajak Mitra Strategis Kembangkan Bandara Kualanamu

Target lainnya dari kemitraan strategis pengelolaan dengan skema Build Operate Transfer (BOT) ini adalah menjadikan Bandara Kualanamu sebagai bandara penghubung internasional (hub) terkemuka di kawasan regional. "Sehingga nantinya penerbangan dari Asia, seperti Sri Langka, Banglades, Pakistan dan negara-negara lainnya yang terbang ke Autralia atau Selandia Baru bisa transit di Bandara Kualanamu," kata Andre.

Ia optimis, semua itu bisa terwujud melalui kemitraan strategis terkait usaha meningkatkan performa dan mempercepat pengembangan Bandara Kualanamu ini. Apalagi, perusahaan pengelolaan bandara milik GMR Group asal India dan Aéroports de Paris Group (ADP) dari Prancis ini terbukti sudah berhasil menaikkan trafik di sejumlah bandara lain yang mereka kelola. 

GMR Airports sendiri sudah sangat dikenal sebagai jaringan operator bandara yang melayani penumpang terbanyak di dunia. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.