Dark/Light Mode

Panjat-panjat Tower, Turun Ke Lapangan

Ibu Saya Adalah Inspirasi Saya…

Sabtu, 11 Desember 2021 07:51 WIB
Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati di acara Muda Podcast Episode 02 bertajuk Teh Nicke dan Tekad Kerasnya Memajukan Energi Dalam Negeri bersama RM.id dilihat di kanal Youtube BUMN Muda, Jumat (10/12). (Foto: BUMN Muda)
Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Nicke Widyawati di acara Muda Podcast Episode 02 bertajuk Teh Nicke dan Tekad Kerasnya Memajukan Energi Dalam Negeri bersama RM.id dilihat di kanal Youtube BUMN Muda, Jumat (10/12). (Foto: BUMN Muda)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tampil berbatik biru dan sneaker warna senada, Nicke sangat bersemangat ngobrol dengan hostnya yang juga tak kalah keren. Fajrin Rasyid, Direktur muda di PT Telkom, juga sosok yang tak kalah inspiratif bagi anak-anak muda. 

Mendampingi Kiki Iswara, Direktur Rakyat Merdeka. Dalam obrolan itu, banyak sekali kisah dan cerita motivasi yang diungkapkan Nicke. Mulai dari karir awalnya, bekerja di perbankan, sambil kuliah di ITB. Lalu setelah lulus, kerja menjadi enjiner, sesuai passion-nya. Dia terharu, saat membuka magic box yang isinya helm bertuliskan Rekind. 

“Rekind. Di sinilah impian saya berawal. Saya mengenakan helmet ini saat manjatmanjat tower, keliling lapangan selama bertahun-tahun. Di sinilah, saya belajar banyak hal. Banyak memori selama 23 tahun, termasuk saat pertama kali bertemu dengan suami saya,” katanya, haru. 

Selama di Rekind, dia pindah tugas ke banyak bidang. Mulai dari enjiner, hingga ke urusan human capital dan finance management. 

Baca juga : Rayakan Kemenangan Rebut Piala Thomas 2020, BNI Apresiasi PBSI

“Saya mengerjakan banyak proyek. Pertama kalinya Indonesia bisa membangun pabrik pupuk secara mandiri, dan dikerjakan oleh anak bangsa. Banyak cerita yang dirajut di Rekind,” katanya, mengenang. 

Nicke saat ini terpilih sebagai Most Powerful Woman International. Majalah Fortune menempatkannya di urutan 16 dari 50 wanita hebat dunia. Siapa role modelnya? Nicke menjawab cepat, 

“Ibu Saya. Beliau luar biasa dan menjadi inspirasi saya. Saya belajar tangguh, dalam posisi apapun dari beliau,” katanya. 

Nicke dibesarkan oleh ibunya, sebagai single parent. Dan saat ini, ibunya tinggal bersama Nicke. Tiap hari Nicke meminta doa darinya. Doanya adalah penguat diri. Apa yang saya alami, sejak kecil hingga sekarang, bekal utamanya dari beliau. Ketika ada masalah, ibunya meyakini, dia bisa melaluinya. 

Baca juga : Basarah Ingatkan Tiga Spirit Sumpah Pemuda

Bagaimana membagi peran antara mengurus keluarga dan bekerja? Kata Nicke, kuncinya, lingkungan keluarga, orang-orang di sekitar kita harus memberikan dukungan. Serta jalinan komunikasi yang baik. 

“Khususnya suami, saya sangat didukung beliau. Dan malah suami bersedia berbagi peran. Saat saya harus bekerja, meninggalkan rumah, suami bersedia memanaj dan menjaga anakanak,” katanya. 

Anak-anak pun, sangat pengertian. “Mereka sangat pengertian, dan melihat ibunya berkarir, anak-anak jadi mandiri, bahkan lebih cepat dari yang saya perkirakan,” katanya. 

Secara khusus, Nicke juga berpesan untuk anak-anak muda Indonesia, agar bisa hebat dan lebih sukses dari dirinya. Pertama, menyiapkan diri dengan memahami apa potensi yang dimiliki, dan bagian mana kelemahan yang harus di-improve. Lalu pilih profesi yang sesuai dengan passion. Kedua, jangan lelah belajar. 

Baca juga : Energi Terbarukan Dan Lumbung Pangan Jadi Andalan Investasi Di Kaltara

Darimana pun sumbernya. Ini penting agar kita siap, saat peluang datang. Keberuntungan adalah, saat kesempatan baik datang, dan kita siap. 

“Selebihnya, jangan lupa untuk terus berupaya dan berdoa,” ucapnya. 

Bagaimana kalau kita gagal, atau melakukan kesalahan? Kata Nicke, jangan patah semangat. Teruslah mencoba. Saat dihadapkan pada banyak pilihan, jangan ragu untuk memilih. Kalau perlu coba semuanya. “Kesalahan demi kesalahan itulah yang menempa diri kita menjadi lebih baik,” tegasnya.[NAN/SAR]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.