Dark/Light Mode

Menteri Teten: Fintech Jadi Solusi Gap Pembiayaan UMKM Rp 1.500 T

Sabtu, 11 Desember 2021 20:10 WIB
Menkop UKM Teten Masduki. (Foto: Istimewa)
Menkop UKM Teten Masduki. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koperasi dan UKM RI Teten Masduki menyebut, saat ini terjadinya financial gap UMKM di Indonesia yang menembus Rp 1.500 triliun.

Hal ini dinilai lantaran belum mampu tersentuhnya ukungan pembiayaan dari perbankan maupun lembaga keuangan lainnya kepada UMKM.

"Pembiayaan akan lebih efektif jika diikuti dengan digitalisasi. Bahkan, digitalisasi dan financial technology (fintech) dapat mengurangi financial gap sebagai media percepatan perluasan akses pembiayaan UMKM," sebut Teten dalam acara Indonesia Fintech Summit 2021 bertajuk Always in Motion is the Future: Emerging Technologies and Innovation to Empower MSMEs secara virtual, Sabtu (11/12).

Baca juga : Menteri Teten Minta Kadin Perkuat Kemitraan Dengan UMKM

Besarnya nilai financial gap tersebut, lanjutnya, mendorong tumbuhnya inovasi digital yang semakin berkembang pesat.

Menurut Teten, ada beberapa aspek financial gap di Indonesia. Pertama, kurangnya literasi keuangan karena UMKM biasanya tidak masuk audit lembaga perbankan, minim menggunakan teknologi, dan asetnya tidak dijamin.

Kedua, ada asimetris informasi yang berujung pada terjadinya credit rationing dari bank. Rasionalisasi kredit menyebabkan banyak pelaku UMKM yang dibebankan biaya pembiayaan tinggi oleh bank, untuk mengantisipasi potensi default dari debitur.

Baca juga : Menteri Teten : Gap Usaha Masih Jadi Kendala UMKM Naik Kelas

Ketiga, adanya kondisi karakter pembiayaan UMKM yang selama ini banyak tapi tersebar kecil-kecil.

"Keempat, meningkatnya monitoring cost perbankan untuk mengawasi pembiayaan granular, sehingga mengurangi efisiensi lembaga keuangan," papar Menkop UKM.

Teten menjelaskan, Indonesia merupakan salah satu negara terbesar dalam hal market size transaksi fintech Indonesia yang menunjukkan tren positif setiap tahunnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.