Dark/Light Mode

Holding Perkebunan Nusantara PTPN III Budayakan Mental Kepemimpinan

Selasa, 14 Desember 2021 07:24 WIB
Apel Siaga Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero). (Foto: Ist)
Apel Siaga Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) berupaya menjaga mentalitas para karyawan untuk memiliki jiwa kepemimpinan. Langkah yang dilakukan perseroan salah satunya dengan menggelar pelatihan di dalam kegiatan Apel Siaga.

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani berpesan kepada seluruh Asisten Planters Nusantara yang telah berkeja keras untuk tetap menjaga prestasi. Dia memandang banyak Asisten Planters Nusantara yang sudah  berkorban demi tercapainya target-target produksi dan produktivitas. 

"Pendidikan dan pelatihan ini sangat penting bagi seluruh Asisten Tanaman dan Pabrik di lingkungan Perkebunan Nusantara Group," kata Ghani dalam keterangan pers saat Apel Siaga dikutip Senin (13/12).

Planter adalah orang-orang yang bekerja memanage usaha perkebunan. Pengelolaan mulai dari aspek agronomis sampai aspek bisnisnya, berstatus karyawan leader (Pimpinan). Ghani menambahkan bahwa PTPN sudah sejak dulu menyajikan kultur dan prilaku kepemimpinan dalam pengelolaan perkebunan atau Planters.

Baca juga : Persib Runner-up Sementara, Jupe: Kami Sudah Maksimal Bermain

Planters yang dijalankan PTPN telah menjadi contoh perkebunan lain di Indonesia. Dia juga mengharapkan pelatihan ini dapat menjadi standar bagi Planters di seluruh nusantara. "Latihan ini semoga menjadi standar bagi Planters lainnya," tambah Ghani.

Tak lupa dia juga menyebut pesan Menteri BUMN Erick Thohir yakni BUMN harus menjunjung tinggi AKHLAK (Amanah, Konsisten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif). Seluruh karyawan PTPN Group diminta menjaga AKHLAK serta disiplin, sigap, tangkas dan pantang menyerah.

"Harus menjaga integritas dan kerja keras itu penting guna menunjang pelaksanaan tugas sebagai asisten," ucapnya.

Direktur Produksi dan Pengembangan Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mahmudi mengatakan, Asisten Tanaman dan Asisten Pabrik ini dididik dan ditempa untuk menjadi Planters Nusantara yang tangguh, agar nantinya dapat masuk dalam talent pool. 

Baca juga : Pekerjakan Disabilitas, Holding Perkebunan Nusantara PTPN III Diganjar Penghargaan

Mereka juga dituntut untuk memiliki kemampuan yang meliputi temu, lapor, dan atasi persoalan dengan cepat di lapangan.  Asisten Tanaman dan Asisten Pabrik harus menjadi role model dan agent of change, turut mengawal dan melaksanakan proses produksi untuk tercapainya target-target perusahaan sehingga transformasi berhasil. 

Asisten Tanaman dan Asisten Pabrik harus mampu menjadi role model dan agent of change, sehingga dapat mengambil keputusan sesuai dengan arah transformasi perusahaan” kata Mahmudi.

Sekadar informasi, Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) menunjuk PT LPP Agro Nusantara sebagai anak usaha yang bergerak di bidang pengembangan human capital sebagai penyelenggara acara ini. Internalisasi Etos Kerja Planters merupakan bagian dari implementasi strategi perusahaan yaitu Strategi Pengembangan Kapabilitas dan Budaya. 

Dalam bertransformasi, Perusahaan melaksanakan strategi Optimalisasi Portfolio & Operational Excellence, Commercial Excellence & Ekspansi Hilir dan Optimalisasi Aset & Kemitraan Strategis dan dua strategi pendukung yaitu; Pengembangan Kapabilitas dan Budaya & Peningkatan Sistem dan Teknologi.

Baca juga : Gandeng Seniman Nusantara, MPR Siapkan Lagu Pilar Bangsa

Apel Siaga  telah digelar pada Sabtu, 11 Desember 2021 di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sei Karang, PT Perkebunan Nusantara III (Persero), Sumatera Utara. Apel Siaga atau yang disebut juga dengan Apel Siaga  Planters Nusantara ini dipimpin langsung oleh Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) Mohammad Abdul Ghani selaku Inspektur Apel Siaga.

Turut hadir pada acara ini Asisten Deputi Bidang Industri Perkebunan dan Kehutanan Kementerian BUMN Rachman Ferry Isfianto dan jajaran Direksi Holding Perkebunan Nusantara PTPN III (Persero) serta para Direktur Anak Perusahaan.

apel Siaga merupakan puncak acara Internalisasi Etos Kerja Planters dan Apel Siaga Palnters Nusantara telah dilaksanakan sejak tanggal 1 hingga 10 Desember 2021 di Sei Karang. Kegiatan ini diikuti oleh 2.451 orang Asisten Tanaman dan Asisten Pabrik dari PT Perkebunan Nusantara I s/d XIV, secara fisik dan online. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.