Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Moeldoko: Petani Harus Pintar Cari Peluang, Jangan Tergantung Bantuan

Minggu, 21 November 2021 11:55 WIB
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bersama Bupati Pulau Morotai Beny Laos melakukan panen cabe di lahan holtikultura zona SP4 desa Dehegila, Morotai Selatan. (Foto: KSP)
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bersama Bupati Pulau Morotai Beny Laos melakukan panen cabe di lahan holtikultura zona SP4 desa Dehegila, Morotai Selatan. (Foto: KSP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Petani cabe di zona SP4 desa Dehegila kabupaten Pulau Morotai mengadu kepada Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, soal terbatasnya alat dan mesin pertanian (alsintan) serta jalan menuju areal perkebunan yang masih berupa tanah liat.

"Kami masih butuh traktor untuk mengolah tanah pak. Jalan menuju lahan juga masih begini (berupa tanah liat)," ungkap Imam salah satu petani cabai SP4 desa Dehegila saat mendapat kesempatan berdialog dengan Moeldoko, Minggu (21/11).

Baca juga : PT Pegadaian Syariah Cabang Kelapa Gading Bantu Korban Kebakaran Koja

Mendengar keluhan tersebut, Moeldoko yang juga ketua umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) justru menantang para petani untuk pintar mencari peluang.

Jangan tergantung pada bantuan pemerintah. "Petani harus berdaya, jangan berharap bantuan terus, jangan mau miskin terus,” tegas mantan Panglima TNI ini. 

Baca juga : Mendes PDTT: Pembangunan Di Desa Harus Berbasis Data, Bukan Keinginan

Menurutnya, pemerintah sudah membuka pintu lebar untuk mengembangkan sektor pertanian. Tak terkecuali pada tanaman hortikultura.

"Pemerintah sudah berikan akses Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang bisa jadi modal usaha petani. Seperti biaya pengolahan tanah, tenaga kerja, dan peralatan pertanian. Makanya segera bergabung Gapoktan agar bisa merasakan manfaatnya," lanjut Moeldoko.

Baca juga : Syarief Hasan Minta Pemerintah Tak Tergantung Utang

Sebagai informasi, pemerintah kabupaten pulau Morotai melalui dinas pertanian melakukan pengembangan tanaman hortikultura di beberapa wilayah.

Selain untuk memenuhi kebutuhan pasar, juga meningkatkan mutu hasil panen agar dapat bersaing dengan daerah lain. Bahkan, pemerintah daerah setempat juga berhasil mengendalikan harga mulai hulu hingga hlir.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.