Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kominfo Dan PANDI Gelar Selebrasi Digitalisasi Aksara Nusantara

Selasa, 14 Desember 2021 15:18 WIB
Selebrasi Digitalisasi Aksara Nusantara yang digelar Kominfo dan PANDI di JS Luwansa Hotel, Kuningan Jakarta Selatan, Selasa (14/12). (Foto: Istimewa)
Selebrasi Digitalisasi Aksara Nusantara yang digelar Kominfo dan PANDI di JS Luwansa Hotel, Kuningan Jakarta Selatan, Selasa (14/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia menggelar Selebrasi Digitalisasi Aksara Nusantara di JS Luwansa Hotel, Kuningan Jakarta Selatan, Selasa (14/12).

Momentum ini menandai kehadiran Aksara Nusantara di perangkat digital, setelah berhasil mengusung pembakuan papan tombol (keyboard) dan font aksara Sunda, Jawa, dan Bali mendapat Standar Nasional Indonesia (SNI).

Baca juga : Gandeng OJK, BI Genjot Digitalisasi Keuangan UMKM

Dalam Selebrasi kali ini, sejumlah Pejabat Daerah turut memberikan dukungan yang dituangkan dalam bentuk video apresiasi, diantaranya adalah Gubernur Bali Wayan Koster, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono, Walikota Bogor Bima Arya, serta Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.

Acara ini juga dihadiri langsung  Sekretaris Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Slamet Santoso, Ketua PANDI, Yudho Giri Sucahyo, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Doddy Rahadi, Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Endang Aminudin, Asisten Deputi Literasi, Inovasi, dan Kreativitas Jazziray Hartoyo, Perwakilan Tokoh Digitalisasi aksara nusantara Richard Mengko.

Baca juga : BAKTI Kominfo Tak Berhenti Penuhi Kebutuhan Telekomunikasi Di Nusantara

Secara simbolis, Kepala Badan Standarisasi Nasional (BSN), Kukuh S. Achmad mencoba langsung papan tombol Aksara sekaligus menandai Selebrasi Digitalisasi Aksara Nusantara.

Di damping para pejabat yang hadir langsung di lokasi. Slamet Santoso, Sekretaris Ditjen Aplikasi Informatika dalam kesempatannya mengungkapkan bahwa Selebrasi ini adalah bentuk penghargaan bagi PANDI dan pegiat aksara nusantara atas upaya melestarikan aksara daerah.

Baca juga : Kemnaker Gelar Pelatihan Vokasi Award 2021

"Acara ini merupakan bentuk apresiasi terhadap upaya mengurangi kesenjangan digital, untuk memperluas pengggunaan aksara nusantara di perangkat digital," ujar Kukuh, Selasa (4/12).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.