Dark/Light Mode

Inovasi Bioflok Peri Sakti Pertamina EP Tanjung Field Tingkatkan Pendapatan Warga

Kamis, 16 Desember 2021 17:52 WIB
Juhin, mitra binaan PEP Tanjung Field, saat berbicara dalam sharing session secara virtual bertema Journey to Empowerment: Berbagi Nilai dan Cita-Cita Bersama Masyarakat di Wilayah Operasi Migas, Kamis (16/12).
Juhin, mitra binaan PEP Tanjung Field, saat berbicara dalam sharing session secara virtual bertema Journey to Empowerment: Berbagi Nilai dan Cita-Cita Bersama Masyarakat di Wilayah Operasi Migas, Kamis (16/12).

 Sebelumnya 
Menurut Juhin, air limbah dari kolam ramah lingkungan, sehingga bisa untuk pupuk cair tanaman. "Bioflok Peri Sakti adalah yang pertama dan satu satunya yang berhasil di Tabalong,” katanya.

Kegiatan Peri Sakti adalah pengadaan unit bioflok, tabur benih, pelatihan penerapan bioflok, panen raya, pelatihan pembuatan probiotik, hingga pemasaran hasil panen.

Saat ini Kelompok Peri Sakti mengelola sembilan kolam bioflok. “Ke depan kami akan mengikuti pelatihan cara membuat pakan sendiri, dan mendaftarkan paten produk kami,” katanya.

Field Manager PEP Tanjung, Sigit Setiawan mengatakan, Pertamina berkomitmen menjaga lingkungan wilayah operasinya, salah satunya dengan pengelolaan limbah.

Baca juga : Sekjen MPR Ingatkan Pentingnya Pembangunan Karakter Bangsa

Keberadaan Peri Sakti bisa mengelola usaha perikanan menjadi lebih baik, dan tidak perlu membuang limbah ikan karena bisa digunakan untuk pertanian.

“Upaya ini bukan tanpa hambatan. Dengan kolaborasi kelompok lahir inovasi usaha online dan marinasi ikan,” katanya.

Menurut Sigit, program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan PEP Tanjung Field tentunya tidak berhenti. Salah satunya dengan meminta dinas terkait untuk memantau perkembangan Peri Sakti.

Selain itu, program Peri Sakti juga akan direplikasi pada 2022 di Lapas Tabalong. Serta di tiga provinsi, Kalsel, Kalteng dan Kaltim.

Baca juga : MABIMS Tetapkan Indonesia Jadi Penyelaras Bidang Pendidikan Dan Penghayatan Beragama

"Diharapkan demand pasar mudah di dapat, dan kawan kawan replikasi mudah mempelajarinya,” katanya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tabalong, Muhammad Mugeni memberikan apresiasi kepada PEP Tanjung Field yang menjalankan program TJSL dengan mengembangkan inovasi budidaya ikan sistem bioflok.

“Kami berharap Pertamina terus mendukung pemberdayaan masyarakat dalam bidang perikanan dan bidang lain. Diharapkan ini bisa menjadi momentum pengembangan ekonomi masyarakat, khususnya setelah pandemi,” kata Mugeni.

Sementara itu, Camat Murung Pudak, Rahmatullah Hutabana berharap kegiatan ini bisa terus dilanjutkan di wilayah lain dan perusahaan tetap komitmen dalam pengembangan masyarakat.

Baca juga : Kemendagri Dorong Penguatan Kelembagaan Penataan Ruang Di Daerah

“Saat ini masa pandemi, kegiatan seperti ini bisa bantu perekonomian masyarakat,” kata Rahmatullah. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.