Dewan Pers

Dark/Light Mode

Jadi Mitra Shopee, Pelaku Usaha Ini Raih Lonjakan Pendapatan

Selasa, 30 Nopember 2021 20:03 WIB
Salah satu Mitra Shopee, Hendra P Simbolon. (Foto: Istimewa)
Salah satu Mitra Shopee, Hendra P Simbolon. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Salah satu Mitra Shopee, Hendra P Simbolon kini sukses menawarkan berbagai produk digital yang komplit dengan harga yang kompetitif.

Bergabung di Shopee sejak awal tahun 2020, kini Hendra menjadi salah satu Mitra Shopee yang menginspirasi.

Hendar melihat peluang bisnis dan memutuskan untuk mencoba berbagai layanan penjualan produk digital, di saat semua kegiatan bekerja hingga belajar dilakukan dari rumah dan membutuhkan pulsa serta internet sebagai penunjang segala aktivitas online.

“Apalagi saat itu di lingkungan sekitar saya belum banyak yang menjual produk digital. Untuk itu, saya hadir dan menjadi andalan tetangga sekitar," katanya dalam keterangan resminya, Selasa (30/11).

Berita Terkait : Jadi Ketua Pelaksana Formula E, Sahroni Diramal Makin Dekat Ke Kursi DKI-1

Sejak saat itu, intensitas transaksi pulsa, paket data, token listrik hingga tagihan internet dan listrik pun meningkat. Tak sedikit juga pelanggan yang memiliki keterbatasan akses perbankan datang untuk mengisi saldo ShopeePay.

Saat ini warung dan usaha Mitra Shopee Hendra sudah berkembang cukup cepat.

Ia tidak menyesali keputusan banting setir dari karyawan swasta menjadi wirausahawan dan percaya bahwa memang dibutuhkan strategi khusus untuk bisa mencapai titik keberhasilan ini.

Lantas Hendra pun membagikan tips bagaimana bertahan dalam menjalani usahanya. Pertama, singkirkan keraguan, berani memulai. Momen memulai usaha pastinya menjadi masa yang paling sulit.

Berita Terkait : Buka Peluang Usaha, Sandiaga Uno Akan Sertifikasi Pengrajin Kapal Pinisi

"Dengan keyakinan bahwa modal awal yang paling penting adalah keberanian untuk memulai. Banyak lini usaha yang tidak membutuhkan modal besar, seperti berjualan berbagai produk digital melalui Mitra Shopee," ujarnya.

Kedua, menjadi andalan pelanggan, selalu siap terima pesanan. Menurutnya, membangun loyalitas pelanggan adalah hal yang sulit, namun Hendra memiliki strategi khusus dalam memikat pelanggan agar tidak pindah ke tempat lain.

Ketiga, fokus dalam menumbuhkan usaha. Upaya yang ia lakukan bersama istri adalah dengan pelan-pelan menambah variasi produk, mencoba berbagai layanan untuk menunjang perkembangan usaha dan terbuka dengan inovasi. Terbukti kini usaha Hendra sudah cukup berkembang pesat.

“Tidak pernah terpikir sebelumnya bahwa saya bisa menjadi wirausahawan seperti sekarang. Dahulu saya pikir bahwa saya akan terus menjadi karyawan swasta," ujar Hendra.

Berita Terkait : Waspadai Mafia Tanah, Ini Saran Wamen ATR Surya

Namun, berjualan berbagai produk digital ternyata bisa membawa keuntungan yang signifikan untuk menambah pendapatan saya dan istri dari berjualan sembako.

"Saya bersyukur telah menemukan Mitra Shopee dan dapat menekuni jalan mencari nafkah ini,” pungkasnya. [DWI]