Dark/Light Mode

Pakai Suspensi Baru, New Xpander Makin Nyaman

Sabtu, 18 Desember 2021 14:04 WIB
Mitsubishi New Xpander. (Foto: ist)
Mitsubishi New Xpander. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kehadiran Mitsubishi New Xpander mencuri banyak perhatian. Pasalnya, mobil ini dibekali dengan fitur-fitur baru yang membuat mobil keluarga itu makin nyaman saat dikendarai.

Salah satu yang mengalami perubahan adalah bagian suspensinya. Adapun suspensi yang digunakan New Xpander disebut memiliki diameter lebih besar dari generasi lama dan bahkah setara dengan milik Pajero Sport. 

Meskipun memiliki lebar yang sama, suspensi kedua mobil tersebut memiliki panjang yang berbeda.

Akan tetapi komponen-komponen yang digunakan shockbreaker New Xpander dan Pajero Sport disebut sama. Secara teknologi suspensi Xpander baru menyerupai sedan Lancer Evolution.

Baca juga : Cetak Rekor Baru, Kinerja Ekspor Impor Bikin Happy

Katup shockbreaker-nya juga istimewa. New Xpander pakai katup yang setara dengan mobil-mobil Eropa. 

Adapun untuk shockbreaker depan masih sama dengan model sebelumnya, karena yang lama disebut masih cukup bagus kualitas peredamannya. Dengan ubahan ini, suspensi New Xpander makin nyaman saat digunakan di jalan jelek dan stabil dikendarai.

Director of Aftersales Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Eichiro Hamazaki mengatakan, pihaknya memberikan perubahan pada suspensi dan transmisi. Perubahan itu didasarkan pada kebutuhan dan saran konsumen. 

“Tujuannya untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik dan nyaman. Serta efisiensi tinggi,” ujarnya. 

Baca juga : Harapan Baru Bernama Kortas

Menurut dia, perubahan dari suspensi dilihat dari ukuran shockbreaker belakang yang lebih tinggi, diambil dari Pajero Sport. Lainnya high performance bar yang ada di Xpander dan Xpander Cross menggunakan desain mobil eropa.

“Berkat perubahan ini menghasilkan driving yang lebih nyaman, stabil di jalan yang kurang halus dan kasar  dan sesuai dengan kondisi jalan di Indonesia,” tukasnya.

Head of Training Section PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Arif Dwiyanto mengatakan, rasa suspensi Xpander baru juga kini lebih rigid, tanpa mengorbankan kenyamanan. Shockbreaker yang bagus itu bisa meredam optimal. 

“Kalau jelek, dia mental-mental. Makanya ketika lewat jalan keriting, mobil terguncang, bikin mual,” kata dia.

Baca juga : Masuk 3 Besar, Persebaya Makin Ditakuti Lawan

Selain suspensi baru, New Xpander juga dibekali dengan fitur-fitur baru lainnya seperti transmisi CVT menggantikan transmisi konvensional. Transmisi CVT lebih nyaman dan efisien.

Fitur anyar antara lain electronic parking brake dengan brake assist hold, AC digital serta head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang dilengkapi fitur Android Auto dan Apple Car Play dan memiliki port USB type C. Ubahan lain hadir di meter cluster LCD yang kini berwarna.

Selain itu, fitur speed sensing door lock serta fitur auto stop and go. Ruang penyimpanan juga makin besar. 

Sedangkan mesin masih dipercayakan pada 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro4. Mesin ini menghasilkan tenaga 105 ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.