Dewan Pers

Dark/Light Mode

Puji Firli Bahuri, Menpan RB: Performance KPK Makin Baik

Senin, 29 November 2021 07:30 WIB
Menpan RB Tjahjo Kumolo. (Foto: Ist)
Menpan RB Tjahjo Kumolo. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo menilai, performance Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang kini dipimpin Firli Bahuri semakin baik.

Firli cs, dinilai mampu mengimplementasikan Undang-Undang (UU) baru KPK. Yakni, UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Berita Terkait : Sambut Libur Akhir Tahun, Le Eminence Tetap Terapkan Prokes Terbaik

"Banyak kerja dari KPK saat ini yang layak diapresiasi," ujar Tjahjo, dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (29/11).

Setidaknya, kinerja KPK saat ini, telah menjawab kritikan yang awalnya meragukan kerja komisi antirasuah sekarang dengan adanya UU KPK yang baru. Kritikan itu dijawab langsung dengan kerja nyata oleh Firli cs. Penindakan kasus korupsi relatif tak tebang pilih. Siapa pun jika ditemukan bukti terlibat korupsi, akan ditindak.

Berita Terkait : Pakai Suspensi Baru, Bantingan Xpander Makin Nyaman

"Saya pikir dengan UU baru ini, KPK semakin menemukan performance pemberantasan korupsi di bawah Ketua KPK Komjen Purnawirawan Firli. KPK menegakkan hukum sesuai UU yang berlaku, tidak tebang pilih," puji politisi PDIP ini.

Komisi antirasuah ini juga dinilai Tjahjo tetap tegas. Serangkaian Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang telah dilakukan setidaknya jadi bukti bahwa KPK terus bekerja, di samping, terus mengintensifkan kerja pencegahan.

Berita Terkait : Respons Permintaan Bupati Banyumas, Firli Bahuri: Tak Perlu Risih Dengan Kerja KPK

"OTT KPK jadi bukti lembaga ini tidak tebang pilih, sebagai bukti, OTT KPK terhadap menteri, pihak swasta, para kepala daerah, dan para pejabat atau Aparatur Sipil Negara (ASN). Tentunya sebagai salah satu instrumen penindakan OTT harus ditingkatkan terus," imbaunya.
 Selanjutnya