Dark/Light Mode

Januari-November, Toyota Jual 263 Ribu Mobil

Rabu, 22 Desember 2021 10:37 WIB
Toyota All New Veloz. (Foto: ist)
Toyota All New Veloz. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Toyota Astra Motor (TAM) mencatat menjual 263 ribu unit mobil sepanjang Januari-November 2021. Jumlah tersebut naik 84 persen jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu.

Hal tersebut dikatakan Vice President Director TAM, Henry Tanoto saat membuka media gathering, Selasa (21/12).

Menurut Henry, dengan hasil penjualan itu, pangsa pasar Toyota di Indonesia mencapai 33 persen. Kenaikan penjualan di masa pandemi Covid-19 tidak lepas dari dukungan pemerintah melalui insentif Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Baca juga : Dihantam Banjir, Warga Malaysia Tidur Di Mobil

"Diskon PPNBM membuat penjualan melesat," kata Henry.

Marketing Director TAM, Anton Jimni Suwandy mengatakan, kenaikan penjualan dialami beberapa model antara lain Avanza, Rush, Innova, LCGC dan Raize. Model seperti Rush, Avanza kenaikannya tinggi mencapai 70-80 persen kalau digabung. 

“Vios 350 persen. Kami yakin banyak manfaat yang didapatkan dari PPnBM," kata dia.

Baca juga : Penyaluran KUR Per November Capai Rp 262,95 Triliun

Terkait dengan rencana pemerintah menetapkan diskon PPnBM permanen, Anton mengapresiasi wacana tersebut dan berharap wacana tersebut dapat terealisasi.

Menurut dia, teman-teman di Gaikindo juga sedang berdiskusi dengan pemerintah untuk mendapatkan opsi-opsi yang terbaik. “Kami tunggu kelanjutannya dan mudah-mudahan ini bisa mendukung industri otomotif nasional untuk seterusnya," katanya.

Untuk pasar otomotif sendiri, Anton mengatakan, penjualan telah mencapai 790 ribu unit. Dengan demikian, ia memproyeksikan penjualan mobil hingga akhir tahun bisa di atas 800 ribu unit. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.