Dark/Light Mode

Kado Akhir Tahun

AQUA Japan Raih Indonesia Best Corporate Sustainability Initiatives 2021

Rabu, 22 Desember 2021 15:36 WIB
Penyerahan sertifikat Indonesia Best Corporate Sustainability Initiatives 2021 untuk AQUA Japan. (Foto: Dok. AQUA Japan)
Penyerahan sertifikat Indonesia Best Corporate Sustainability Initiatives 2021 untuk AQUA Japan. (Foto: Dok. AQUA Japan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di akhir tahun ini, AQUA Japan mendapat kado manis dengan berhasil meraih penghargaan Indonesia Best Corporate Sustainability Initiatives 2021. Setelah berhasil meraih penghargaan untuk Top Innovation Choice Award 2021 untuk kategori lemari es, kini AQUA Japan mendapatkan penghargaan Indonesia Best Corporate Sustainability Initiatives 2021 kategori Creative Philantrophy.

Inovasi yang dilakukan AQUA Japan sehingga sukses meraih penghargaan ini adalah melalui program “AQUA Japan Peduli Banjir Kalsel”. AQUA Japan memberikan layanan cuci baju gratis, cek produk elektronik, dan service gratis bagi korban banjir di daerah Handil Bhakti, Barito Kuala, Kalimantan Selatan yang dijalankan pada awal 2021. AQUA Japan juga memberi donasi 10 mesin cuci untuk 10 tempat di Banjarmasin yaitu ke yayasan, panti asuhan, dan asrama mahasiswa.

“Kami sangat bangga atas pencapaian meraih penghargaan kategori Creative Philantrophy untuk program AQUA Japan Peduli Banjir Kalsel. Prestasi ini adalah bukti nyata komitmen dan kepedulian AQUA Japan terhadap masyarakat. Komitmen kami bukan hanya sebatas pada penjualan, namun bagaimana perusahaan juga dapat memberikan dampak bagi masyarakat yang membutuhkan,” tutur President Director AQUA Japan Indonesia Kenji Sadayuki, dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (22/12).

Baca juga : Dirut Pasar Jaya Raih Penghargaan Pelapor Gratifikasi Inspiratif KPK

Penghargaan Indonesia Best Corporate Sustainability Initiatives 2021 ini digelar Majalah MIX MarComm (SWA Media Group) menggunakan pendekatan Social Marketing. Program ini dibagi dalam delapan kategori, dengan merujuk pada prinsip-prinsip Marketing & Corporate Social Initiatives (MCSI) yang diperkenalkan Philip Kotler dan pakar Social Marketing Nancy Lee, serta konsep Creating Shared Value (CSV) yang dikembangkan Michael Porter dan Mark Kramer.

Kriteria penilaian program mencakup tiga konsep. Pertama, yakni objektif program dalam mendukung komitmen SDG’s (Sustainable Development Goals) atau biasa disebut Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, lalu kreativitas, dan inovasi.

Kedua, eksekusi terkait penetapan target penerima manfaat tepat, organisasi penyelenggara solid, mitra pelaksana kredibel. Ketiga, dampak dalam hal ini seberapa besar kontribusi program terhadap perbaikan kehidupan penerima benefit, banyaknya penerima benefit, dan multiflyer effect program.

Baca juga : Keren! Pertamina Hulu Indonesia Raih Best of the Best Di Ajang UIIA 2021

E-award Ceremony Indonesia Corporate Sustainability Initiatives 2021 dilaksanakan secara virtual, Jumat (10/12) yang sebelumnya dimulai dengan acara webinar. Webinar itu mengangkat tema "No One Left Behind SDGs with Social Marketing". turut serta menjadi pembicara ialah Head of Marketing Department AQUA Japan Indonesia Glenn Manengkei.

Menurut Glenn, AQUA Japan mengemas program CSI sesuai dengan kapabilitas perusahaan, yakni menciptakan kesehatan dan kesejahteraan dalam target SDG’s. Hal ini dielaborasikan melalui program CSI bertajuk “AQUA Japan Peduli Banjir Kalsel” dengan melakukan serangkaian kegiatan untuk membantu meringankan penderitaan warga yang terkena bencana banjir.

“Perusahaan diharapkan tidak hanya memikirkan profit, tapi juga punya kewajiban memperhatikan lingkungan dan dukungan dunia usaha saat ini sangat diperlukan untuk mencapai target SDG’s,” ujarnya. [KW]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.