Dark/Light Mode

Dorong UMKM Jadi Eksportir, LPEI Bersama DJBC dan DJP Resmikan Rumah Ekspor Solo

Kamis, 23 Desember 2021 14:29 WIB
LPEI/Indonesia Eximbank bersama Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mengadakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dalam meresmikan Rumah Ekspor Solo. (Foto: Istimewa)
LPEI/Indonesia Eximbank bersama Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) mengadakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dalam meresmikan Rumah Ekspor Solo. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Ia menjelaskan, program RES, LPEI akan menyediakan informasi terkini tentang pasar ekspor, kebutuhan dunia dan pasar yang terbuka untuk komoditas unggulan yang berpotensi ekspor dari seluruh Indonesia.

"Momentum peresmian RES yang berdekatan dengan hari ibu akan semakin meningkatkan peran perempuan atau ibu dalam sektor UKM khususnya yang berorientasi ekspor," ujar Suminto.

Adanya Rumah Ekspor Solo ini, diharapkan para pelaku UMKM dapat terfasilitasi dalam pengembangan bisnis yang dijalani, memperoleh kesempatan dan kemudahan dalam mendapatkan pinjaman khususnya terkait dalam kegiatan ekspor, serta mendapatkan pelbagai fasilitas yang sesuai kebutahan dalam usahanya.

Baca juga : 24 Klub Siap Tempur, Ini Format Dan Pembagian Grup Liga 2

Perkembangan kegiatan ekspor dan impor dunia yang pesat ini diharapkan dapat semakin membuka peluang perdagangan yang lebar dan membuka jalan terhadap ekspor berbagai komoditas dari Indonesia ke seluruh dunia.

Kepala Kanwil DJP Jawa Tengah II Slamet Sutantyo menyatakan akan mendukung penuh terbentuknya Rumah Ekspor Solo.

Menurutnya, DJP akan menyediakan layanan dan informasi seputar perpajakan di Rumah Ekspor Solo. Selain itu, DJP juga akan mengkolaborasikan beberapa program unggulannya untuk pemberdayaan UMKM yaitu Business Development Services (BDS) serta berbagai pelatihan seputar perpajakan yang dapat mendukung berkembangnya UMKM, khususnya dalam hal ini yang berorientasi ekspor.

Baca juga : Kadin Bersama Pemprov DKI Gelar Vaksinasi Buat Ekspatriat

"DJP akan menyediakan berbagai insentif pajak yang dapat dimanfaatkan dan digunakan oleh para UMKM, terutama mengingat di masa pandemi Covid-19 saat ini,"  ujar Slamet.

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Askolani juga turut memeriahkan dengan memberikan keynote speech dan diadakan pula kegiatan talkshow yang mengangkat tema 'Ibu, Inspirasi Bisnis Unggulan untuk Karya Eksportir Solo Raya.'

Dalam talkshow tersebut, hadir pula para perwakilan dari UMKM yang juga memberikan testimoni terkait kolaborasi awal dari ketiga instansi dan bagaimana mereka mendapatkan bantuan dalam kegiatan ekspor mereka selama ini. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.