Dark/Light Mode

Ini Rahasia Dapur BRI Golkan Transformasi

Minggu, 26 Desember 2021 16:32 WIB
Direktur Bisnis Mikro PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK Supari saat menjadi bintang tamu dalam Muda Podcast Series bersama RM.id bertajuk Komunikasi Transformasi Ala Angkringan, Emang Bisa? yang ditayangkan di kanal Youtube BUMN Muda, Jumat (24/12). (Foto: BUMN Muda)
Direktur Bisnis Mikro PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK Supari saat menjadi bintang tamu dalam Muda Podcast Series bersama RM.id bertajuk Komunikasi Transformasi Ala Angkringan, Emang Bisa? yang ditayangkan di kanal Youtube BUMN Muda, Jumat (24/12). (Foto: BUMN Muda)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk telah lama dikenal sebagai bank dengan spesialisasi di kredit konsumer mikro yang menjangkau berbagai wilayah pedesaan di penjuru Indonesia.

Dalam 123 tahun usianya, bank milik negara ini telah melakukan transformasi dan kini menjadi bank pertama di dunia yang memiliki satelitnya sendiri. Bagaimana proses transformasi ini terjadi?

Dalam Muda Podcast Series bersama RM.iid bertajuk "Komunikasi Transformasi Ala Angkringan, Emang Bisa?" yang ditayangkan di kanal Youtube BUMN Muda, Jumat (24/12), Direktur Bisnis Mikro PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Supari menceritakan proses transformasi di bank tersebut.

Baca juga : Jelang Akhir Tahun, Tito Minta Daerah Genjot Target Vaksinasi

Awalnya, Supari menjelaskan, ada dua cara supaya transformasi berjalan. Yang pertama adalah membangun kesadaran dari seluruh insan atau pekerja. Yang kedua, paksa.

"Biasanya yang kedua itu cepat, tapi kegaduhan pasti ada. Tapi itu sesaat saja. Ibaratnya seperti kita disunat. Sakit di awal, tapi habis itu selesai dan enak ya mas. Kira-kira seperti itu," ujar Supari, menganalogikan.

Nah, BRI mencoba mengkolaborasikan dua cara tersebut. Di satu sisi, BRI membangun kultur pekerja untuk menyadarkan tentang kebutuhan transformasi. Tapi di sisi lain, mereka ingin cepat.

Baca juga : Di Muktamar NU, Khofifah Ajak Kader NU Percepat Transformasi Digital

Sebab, perubahan perilaku masyarakat semakin cepat. Yang tadinya diprediksi baru akan terjadi dua tahun mendatang, ternyata terjadi lebih cepat.

"Nah kecepatan itulah kita coba untuk memaksa. Tapi memaksanya bukan kaya digebukin gitu, bukan. Sistem yang memaksa. Teknologi masuk. Maka yang terjadi adalah quick win. Di BRI sendiri quick win-nya itu adalah membangun business process re-engineering, yang menyentuh pekerjaan hampir semua pekerja," bebernya.

Hasil konkretnya adalah BRIspot. BRIspot merupakan aplikasi khusus para tenaga pemasar mikro BRI atau Mantri BRI untuk memproses pinjaman mikro. Aplikasi ini berguna untuk menyederhanakan, mengotomasi dan mendigitalisasi proses pengajuan hingga pencairan pinjaman di BRI.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.