Dark/Light Mode

BNI Fasilitasi UMKM Jatim Tembus Pasar Asia Dan Eropa

Senin, 27 Desember 2021 19:19 WIB
Gedung BNI. (Foto: Dok. BNI)
Gedung BNI. (Foto: Dok. BNI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan pembiayaan kepada para UMKM berorientasi ekspor asal Jawa Timur (Jatim), salah satunya melalui program BNI Xpora.

Direktur Bisnis UMKM BNI Muhammad Iqbal menjelaskan, lewat BNI Xpora ada tiga value preposition yang diangkat guna semakin banyak membawa pelaku usaha RI masuk ke perdagangan global, yaitu Go Productive, Go Digital, dan Go Global. 

Baca juga : Menteri Teten Apresiasi Produk Unggulan Tembus Pasar Australia

Melalui value preposition itu, fitur-fitur yang lengkap, kolaborasi dengan berbagai pihak maka BNI Xpora menjadi orchestrator yang mempertemukan penjual dengan pembeli sehingga UMKM bisa memenangkan pasar global.

"BNI menjamin validitas buyer dengan mengoptimalkan kantor cabang luar negeri (KCLN) untuk fasilitasi ekspor,” terang Iqbal di Jakarta, Senin (27/12).

Baca juga : IFG Siap Ekspansi Lewat Pasar Digital

Salah satunya, UMKM yang dibantu program BNI Xpora adalah CV DeBough Indonesia milik Krisna Purnomo. Krisna menjadi eksportir furnitur ke Eropa. Produk mebel, menjadi sangat bernilai karena memiliki unsur rarity (kelangkaan). Selain itu, kayu jati dari Indonesia juga dikenal memiliki kualitas yang amat tinggi.

Historical value bagi masyarakat Eropa jelas Krisna sangat penting. Bagaimana pelaku UMKM mengetahui psikologi orang Eropa seperti apa. Jika bisnis sudah berjalan, tantangannya tidak lagi dalam hal mencari buyer, namun bagaimana mengakomodir permintaan buyer. "BNI selalu membantu dalam hal pendanaan ini sehingga bisa ekspansi,” ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.