Dark/Light Mode

BNI Fasilitasi UMKM Jatim Tembus Pasar Asia Dan Eropa

Senin, 27 Desember 2021 19:19 WIB
Gedung BNI. (Foto: Dok. BNI)
Gedung BNI. (Foto: Dok. BNI)

 Sebelumnya 
Kemudian, UMKM selanjutnya ada Co-Founder Legend Tren M Najih Islahuddin dan Owner PT Rajawali Penta Nusantara William Perdana Putra yang juga berasal dari Jatim yang sukses mengekspor produk-produknya berkat BNI Xpora. Porang berhasil dijual ke pasar-pasar Asia antara lain ke Thailand, Vietnam, China hingga ke pasar Eropa. 

Program BNI Xpora menurut William, sangat membantu biaya saya karena untuk memperkenalkan porang ke para petani lalu diekspor dan bantuan dana didistribusikan kepada para petani.

"BNI membantu dari hulu ke hilir, terima kasih kepada BNI Xpora untuk eksportir porang di Indonesia,” ujar William. 

Baca juga : Menteri Teten Apresiasi Produk Unggulan Tembus Pasar Australia

Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mengapresiasi kepada tiga pelaku eksporter asal Jatim tersebut yang terbukti produktif, terutama dalam menggenjot pasar ekspor demi menopang perekonomian Indonesia.

Peran UMKM dalam ekonomi Jatim ini, sekitar 57 persen artinya signifikan. Dalam hal kuantitas, mereka butuh namanya pendampingan, kemudian tantangan kualitas dan dari sisi capitalnya.

"BNI Xpora makin aktif dalam men-support Eksport Center di Jatim maka bisa lebih efektif lagi kontribusinya,” ungkapnya. 

Baca juga : IFG Siap Ekspansi Lewat Pasar Digital

Emil menegaskan, diperlukan suatu komitmen upaya regional branding untuk mengenalkan provinsi Jatim ke pasar global yang menekankan pada daya saing, kualitas dan peningkatan kepercayaan produk-produk dari UMKM itu sendiri.

Tak hanya itu sambung Emil, tentunya perlu level of confidence untuk endorse talent exporter ini ke negara mitra dagang kita sebagai basis manufaktur yang berkualitas dan tidak lupa individual endorsement untuk bargaining power kita.

"Saya ucapkan terima kasih kepada BNI dan tiga role model eksporter kita,” pungkas Emil. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.