Dark/Light Mode

Cek Arus Balik Di Stasiun Madiun, BKS Acungi Jempol Pelayanan KAI

Sabtu, 8 Juni 2019 19:48 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) bersama Menkes Nila F. Moeloek saat meninjau Stasiun Madiun, Sabtu (8/6).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (tengah) bersama Menkes Nila F. Moeloek saat meninjau Stasiun Madiun, Sabtu (8/6).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengacungi jempol kepada PT Kereta Api Indonesia (KAI) khususnya di wilayah Jawa Timur yang memberikan pelayanan prima kepada penumpang pada arus mudik dan balik tahun ini.

Hal tesebut dikatakan Menhub saat meninjau Stasiun Madiun bersama Menkes Nila F. Moeloek untuk mengecek kesiapan pelayanan arus balik, Sabtu (8/6).

“Kami ke madiun senang sekali. Lihat rumah sakitnya bagus, fisiknya bagus, layanan juga bagus. Bu Menkes juga ikut senang. Saya mengapresiasi kinerja KAI disini,” ujar BKS, sapaan akrab Budi Karya Sumadi.

Baca juga : Semangka Organik Pesisir Selatan Untungkan Petani

Menurut dia, jumlah penumpang KA secara keseluruhan pada tahun ini meningkat hingga 10 persen dari tahun lalu. Dia mengapresiasi Ditjen Perkeretaapian dan KAI yang telah bekerjasama melakukan upaya memaksimalkan perjalanan kereta.

“Saya mengapresiasi KAI yang bisa mengangkut penumpang banyak sekitar 10 persen dari tahun lalu, dari kira-kira 3.3 juta menjadi 3.6 juta. Biasanya, naiknya tidak sampai 5 persen tapi ini bisa sampai 10 persen,” jelas Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengatakan, kenaikan jumlah penumpang ini menandakan ketertarikan masyarakat untuk menggunakan moda perkeretaapian semakin meningkat. “Kita sepakat moda kereta api ini sangat diminati, karena kenyamanannya, tepat waktu dan beberapa kelebihan lainnya. Insya Allah itu salah satu tanda bahwa perkeretaapian lebih punya daya beli," imbuhnya.

Baca juga : Direksi dan Karyawan KAI Kerja Lembur

Berdasarkan data dari KAI Daop 7 Madiun, sampai dengan 7 Juni 2019, total keseluruhan penumpang di Stasiun Madiun mencapai 21.000 penumpang. Jumlah ini merupakan keseluruhan dari penumpang kelas eksekutif, bisnis, serta ekonomi.

Dalam tinjauannya, Menhub bersama Menkes mengunjungi pos kesehatan yang ada di Stasiun Madiun. Menkes juga mengapresiasi kelengkapan fasilitas yang tersedia di Stasiun, yaitu dengan adanya pos kesehatan dan ruang laktasi. "Kami dari kesehatan tetap memeriksa kesehatan masinis, kru, dan sebagainya. Fasilitas disini lengkap, ada juga pos kesehatan dan tempat laktasi. Saya sangat menghargai KAI, terima kasih. Memadai sekali dan tempatnya bagus," ujar Menkes.

Selain Menkes, Menhub turut didampingi oleh Direktur Angkutan Jalan Perhubungan Darat Ahmad Yani, Dir Gakkum Korlantas Polri Brigjen Pujiono Dulrahman, Direktur Pemasaran PT Pertamina Basuki Trikora Putra, Pengamat Kebijakan Publik Agus Pambagio. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.