Dark/Light Mode

Ekonomi Hijau Berpotensi Buka Jutaan Lapangan Kerja

Bos OJK Ajak Milenial Garap Sektor Pertanian

Minggu, 2 Januari 2022 06:50 WIB
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Wimboh Santoso dalam Seminar Nasional bertajuk Tantangan Milenial Merebut Peluang Akses Pembiayaan Dalam Ekosistem UMKM dan Ekonomi Hijau, di Solo, Rabu (28/12). (Foto: OJK).
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan, Wimboh Santoso dalam Seminar Nasional bertajuk Tantangan Milenial Merebut Peluang Akses Pembiayaan Dalam Ekosistem UMKM dan Ekonomi Hijau, di Solo, Rabu (28/12). (Foto: OJK).

 Sebelumnya 
OJK sebagai otoritas di sektor keuangan, sambung mantan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) di New York ini, memiliki andil yang besar dalam menyusun kebijakan keuangan berkelanjutan di sektor keuangan demi mendukung ekonomi hijau.

Di kesempatan yang sama, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap, fenomena mulai banyaknya kalangan milenial yang terjun ke bisnis UMKM, bisa semakin berkembang dan mendorong pengembangan ekonomi kecil dengan berbagai inovasi dan teknologi.

Baca juga : Kebijakan Rem Dan Gas Gairahkan Manufaktur

“Sebenarnya diksi milenial itu yang muda berusaha. Fasilitasi dari OJK sangat penting buat kami, untuk membangun ekosistem UMKM,” kata Ganjar.

Sementara, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo menegaskan, pihaknya telah mengeluarkan beragam strategi pembangunan pertanian yang dapat mendukung ketahanan pangan, peningkatan daya saing, dan pertumbuhan ekonomi untuk diperkenalkan kepada milenial.

Baca juga : Rukita Berikan Hunian Gratis Kepada Milenial Aktivis Sosial

Strategi tersebut di antaranya adalah peningkatan kapasitas produksi, pengembangan pertanian modern, serta gerakan tiga kali ekspor (gratieks).

“Jadi ada pelatihan teknis, entrepreneur, keuangan, dan pelatihan mengeluarkan KUR. Memang tidak akan mudah, tetapi harus terus dijalankan,” ucap Syahrul.

Baca juga : Ekonomi Lagi Bagus, Jangan Gegabah Lakukan Pembatasan

Menyoal ini, Direktur Riset Center of Reform on Economics (Core) Indonesia Piter Abdullah mengamini bahwa sudah mulai bermunculan generasi milenial yang terjun ke sektor pertanian. Bahkan banyak anak muda juga yang mendirikan startup maupun fintech (financial technology) yang fokus di sektor pertanian. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.