Dark/Light Mode

Bamboo Arum Straw, UMKM BRI Yang Go Global

Sabtu, 8 Januari 2022 11:37 WIB
UMKM binaan BRI. (Foto: Istimewa)
UMKM binaan BRI. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Selain bahan bakunya yang alami, prosesnya juga natural tanpa bahan kimia, serta finishing-nya dikerjakan dengan rapi dan terjamin.

Usaha Mistianingrum ini tercatat tak hanya sekali mengikuti UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR. Pada 2020, PT Arum Jaya Perdana juga tercatat sebagai peserta, bahkan berhasil menjuarai kategori Bussiness Matching sebagai Pemenang I.

Mistianingrum mengatakan, Bamboo Arum Straw sendiri sudah diekspor sejak 2018. Namun, pada saat itu ekspor masih dilakukan oleh pihak lain alias vendor. Dari situ, ia pun menyadari bahwa produknya sudah layak dan memenuhi kriteria ekspor.

Baca juga : Bantu Pasarkan Produk UMKM Binaan, BRI Luncurkan Localoka

Kemudian pada 2020, Mistianingrum memutuskan untuk membangun badan usaha dan menjual brand sendiri untuk ekspor. Produk bamboo straw dan bamboo painting ini sudah diekspor ke Inggris, Amerika, Belgia, Italia, dan Albania.

Terkait pendapatan, penjualan domestik pada saat kondisi normal mencapai sebesar Rp 20-30 juta per bulan. Namun, pada saat pandemi, omzetnya menurun hingga 75 persen, karena kegiatan pariwisata tidak berjalan.

Mistianingrum mengungkapkan, dari event UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2020, ia bisa mendapatkan tambahan modal untuk memperluas usaha. Awalnya, ia hanya memproduksi sedotan bambu, tetapi selanjutnya bisa mengolah limbah kayu jati menjadi beragam produk, seperti tableware, kitchenware, maupun homeware.

Baca juga : Berdayakan Jutaan UMKM, BRI Gandeng PNM Dan Pegadaian

“Selain itu, saya semakin dipercaya oleh banyak pihak untuk melakukan kerja sama. Bagi saya, Brilianpreneur adalah langkah awal untuk bisa go global,” ungkap Mistianingrum.

Di pasar global, PT Arum Jaya Perdana juga berhasil berpartisipasi di berbagai pameran, seperti INA-LAC 2020, HANDARTY KOREA 2021, ASEAN ONLINE SALE DAY 2021, dan lain-lain.

Sebagai informasi, pada gelaran UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2021, sebanyak 110 buyers yang berasal dari 31 negara berhasil menandatangani commitment deal bersama 163 UMKM dengan nilai transaksi mencapai 72,13 juta dolar AS.

Baca juga : Banjir Sintang Belum Surut, PUPR Bakal Bangun Geobag

Angka tersebut melampaui target sebesar 65 juta dolar AS. Pencapaian ini pun menjadi momentum bagi BRI untuk terus mendukung UMKM Indonesia, agar bertransformasi di tengah persaingan global. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.