Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Podcast Anang, Wamendag Blak-blakan Pentingnya Bentuk Bursa Crypto

Minggu, 9 Januari 2022 17:53 WIB
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry L Sambuaga (kanan). (Foto: YouTube channel NGOBROL ASIX)
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry L Sambuaga (kanan). (Foto: YouTube channel NGOBROL ASIX)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga blak-blakan soal pentingnya sikap yang tepat dalam perdagangan crypto di Indonesia.

Hal ini ditekankannya saat menjadi tamu podcast Ngobrol Asix milik Anang Hermansyah. Menurutnya, sikap yang tepat ini untuk memberikan kepastian usaha serta kepastian hukum bagi perlindungan investor dan konsumen crypto di Indonesia. Untuk itu, kata Jerry, bursa crypto merupakan sebuah keharusan untuk segera diwujudkan.

Baca juga : Bamsoet Ingatkan Pentingnya Penegakan Kode Etik Bagi Penyelenggara Pemilu

"Kata kuncinya adalah kepastian dan keamanan. Itu semua tugas Pemerintah. Artinya, sektor usaha apapun harus difasilitasi oleh Pemerintah agar setiap pelakunya mendapatkan keadilan dan perlindungan dalam bertransaksi," tegasnya, dikutip Minggu (9/1).

Mantan anggota DPR ini menyebut, pemerintah harus mewujudkan sistem pasar dan pengawasan yang baik terhadap pasar crypto tersebut.

Baca juga : Sekjen MPR Ingatkan Pentingnya Pembangunan Karakter Bangsa

Saat ini Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) telah mendata pedagang crypto yang telah melakukan aktivitas usahanya. Tercatat ada 11 calon pedagang resmi. Bappebti juga telah menerima beberapa pendaftar baru yang ingin tercatat sebagai pedagang crypto.

Menurutnya, dengan adanya bursa diharapkan bisa menciptakan sistem perdagangan yang menaungi dan mengatur pedagang-pedagang crypto.

Baca juga : Menteri LHK Tegaskan Pentingnya Penguatan Satuan Polhut Reaksi Cepat

Dengan begitu, perdagangan crypto bisa lebih terstruktur dan tersistematisasi sehingga mempermudah bagi upaya-upaya pencatatan, pengawasan, dan dalam mengharmonisasi dengan sektor lain.

"Salah satunya adalah kaitannya dengan urusan pajak. Kalau sudah tercatat kan mudah penghitungan dan pemungutan pajaknya. Ini juga akan memberikan pendapatan yang cukup besar bagi negara sehingga akan menunjang pembangunan di sektor lain," beber Jerry.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.