Dark/Light Mode

Di Podcast Anang, Wamendag Blak-blakan Pentingnya Bentuk Bursa Crypto

Minggu, 9 Januari 2022 17:53 WIB
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry L Sambuaga (kanan). (Foto: YouTube channel NGOBROL ASIX)
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry L Sambuaga (kanan). (Foto: YouTube channel NGOBROL ASIX)

 Sebelumnya 
Selain sektor pajak, lanjutnya, keuntungan negara dengan dibukanya bursa crypto adalah dalam hal menjamin keamanan negara. Baik yang berkaitan dengan pencucian uang, pendanaan terorisme ataupun yang berhubungan dengan keamanan moneter dan fiskal Indonesia.

Sementara, dalam hal perlindungan konsumen yang juga menjadi bagian dari tugas utama Kementerian Perdagangan, ia berharap kasus-kasus pelanggaran yang merugikan konsumen seperti yang sudah terjadi di luar negeri bisa dicegah dengan adanya bursa.

Baca juga : Bamsoet Ingatkan Pentingnya Penegakan Kode Etik Bagi Penyelenggara Pemilu

Misalnya, ada yang melarikan dana nasabah hingga triliunan di luar negeri. Ada lagi token-token yang belum terverifikasi dan sebagainya.

"Ini jelas akan merugikan konsumen dan masyarakat yang bertransaksi crypto. Kami berharap hal itu bisa dicegah dan diminimalkan terjadi di Indonesia," harapnya.

Baca juga : Sekjen MPR Ingatkan Pentingnya Pembangunan Karakter Bangsa

Jerry meyakini, pembukaan bursa akan menjadi terobosan yang menguntungkan semua pihak. Dengan konsep ini, Indonesia juga akan menjadi negara pertama di dunia yang memberikan fasilitasi bagi pengembangan crypto melalui bursa.

Ini menunjukkan Indonesia membuka diri dengan fenomena industri finansial dan komoditi baru tetapi tetap berhati-hati dalam pengelolaannya. Berbeda dengan sikap negara-negara lain yang terbelah dalam dua kubu.

Baca juga : Menteri LHK Tegaskan Pentingnya Penguatan Satuan Polhut Reaksi Cepat

Kubu pertama, yang menolak crypto bahkan memberikan cap illegal. Sedangkan yang kedua justru kurang melakukan usaha bagi pengaturan dan perlindungan. Di mana posisi Indonesia? Kata Jerry, berada di tengah-tengah.

"Kami sadar bahwa crypto adalah masa depan dan terobosan yang tidak bisa kita hindari. Kemajuan teknologi telah menciptakan banyak hal-hal baru dan kita tidak seharusnya menolaknya, tapi mengakomodasinya dengan tetap mempertimbangkan keamanan bagi negara dan masyarakat," tandas Jerry. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.