Dark/Light Mode

Produk UMKM Tembus Pasar Global, Teten Apresiasi Platform NTB Mall

Kamis, 13 Januari 2022 20:46 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (kemeja putih) dalam kunjungan kerjanya ke Lombok serta Mataram, Kamis (13/1). (Foto: Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki (kemeja putih) dalam kunjungan kerjanya ke Lombok serta Mataram, Kamis (13/1). (Foto: Kemenkop UKM)

 Sebelumnya 
"Tentu untuk MotoGP harus sesuai produk dengan potensi marketnya. Selain itu kita targetkan Februari 2022 e-katalog untuk tamu MotoGP sudah siap dan diedarkan. Mulai dari produk kuliner, kriya, fesyen dan produk wisata sudah bisa diakses para penonton dan tamu dari luar negeri yang ditaksir mencapai 100 ribu orang," yakin Teten.

Kesiapan UMKM dari segi desain, branding dan packaging yang menarik, termasuk dukungan pembiayaan dari pemerintah yang telah tersedia untuk segera dimanfaatkan.

Baca juga : Keren! UMKM Mitra Binaan PLN Di Kampar Tembus Pasar Internasional

"Misalnya NTB Mall punya mitra sebagai offtaker bisa masuk kepada KUR Klaster hingga Rp 500 juta dengan bunga 3 persen hingga Juni 2022, sehingga mempermudah UMKM mengembangkan usahanya," ujarnya.

Selanjutnya, kata Teten juga percepatan NIB (Nomor Induk Berusaha) supaya bisa memiliki sertifikat dan lainnya. Jika ada potensial usaha yang lebih besar segera didampingi.

Baca juga : BNI Fasilitasi UMKM Jatim Tembus Pasar Asia Dan Eropa

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perdagangan NTB Fathurrahman menambahkan, produk UMKM NTB Mall yang paling banyak diminati pasar luar negeri adalah produk kerajinan anyaman lokal dari tanaman sejenis rotan bernama 'ketak.'

Kerajinan ketak tersebut berhasil menembus pasar Eropa dan Uni Emirates Arab (UEA) sebanyak 38 ribu produk pada November 2021 senilai 9 juta dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp 128,6 miliar. Sehingga tercatat ekspor NTB mencapai 374 juta dolar AS atau sekitar Rp 5,34 triliun sepanjang 2021. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.