Dark/Light Mode

Produk UMKM Tembus Pasar Global, Teten Apresiasi Platform NTB Mall

Kamis, 13 Januari 2022 20:46 WIB
Menkop UKM Teten Masduki (kemeja putih) dalam kunjungan kerjanya ke Lombok serta Mataram, Kamis (13/1). (Foto: Kemenkop UKM)
Menkop UKM Teten Masduki (kemeja putih) dalam kunjungan kerjanya ke Lombok serta Mataram, Kamis (13/1). (Foto: Kemenkop UKM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menargetkan, agar produk-produk unggulan Nusa Tenggara Barat (NTB) mayoritas bisa menembus pasar global.

Salah satunya melalui adanya platform e-commerce Provinsi NTB yakni, NTB Mall. NTB Mall sendiri terdiri dari dua bagian. Pertama, NTB Mall offline berisi display produk UMKM yang berada di kota Mataram.

Kedua, melalui aplikasi ntbmall.com yang menjadi marketplace provinsi. Dalam aplikasi tersebut ditampilkan berbagai macam produk UMKM NTB mulai dari kuliner, fesyen hingga kerajinan tangan (craft). Saat ini, target market dari NTB Mall sendiri sudah banyak yang menembus pasar global alias berorientasi ekspor.

Baca juga : Keren! UMKM Mitra Binaan PLN Di Kampar Tembus Pasar Internasional

Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mengapresiasi kehadiran NTB Mall yang dinilainya telah memiliki infrastruktur yang sudah baik.

"Semua produk seharusnya juga bisa masuk ke sini. Jadi biar lebih mudah mereka meraih marketnya. Bahkan bisa masuk juga menjadi penyuplai hotel-hotel di NTB," ujar Teten dalam kunjungan kerjanya ke Lombok serta Mataram, Kamis (13/1).

Teten mengatakan, produk UMKM yang sudah ada NTB Mall juga bisa diintegrasikan dengan platform e-katalog milik Kemenkop UKM bertajuk SMEsta. Di mana platform ini menjadi panduan para investor dalam mencari produk-produk unggulan Indonesia kualitas ekspor.

Baca juga : BNI Fasilitasi UMKM Jatim Tembus Pasar Asia Dan Eropa

"Saat ini kurang lebih ada sekitar 2 ribu produk tergabung dan telah terkurasi di SMEsta. Saya ingin produk unggulan ekspor dari NTB Mall ini juga bergabung di sana, sehingga akses pasarnya lebih luas," ucap Teten.

Tak hanya itu, dalam mengembangkan produk unggulan NTB, Kemenkop UKM lanjut Teten, juga siap memberikan pendampingan, pembiayaan serta akses pasar.

Untuk itu ia meminta, setiap produk harus memiliki kemasan dan konsep yang menarik. Hal ini pula yang menurut Teten menjadi daya tarik investor. Apalagi NTB sebentar lagi akan menggelar event Internasional MotoGP Mandalika 2022, yang menjadi peluang bagi produk unggulan NTB untuk menarik market yang lebi besar lagi.

Baca juga : Lantik 306 Pejabat Fungsional, Kemendagri Apresiasi Pemprov Sulsel

"Event MotoGP akan dimanfaatkan supaya produk UMKM ini bisa punya kesempatan masuk ke pasar global. Sehingga mulai dikenal masyarakat luar, dan market dunia," sebut Teten.

Untuk itu Provinsi NTB dan Kemenkop UKM harus melakukan kurasi dengan baik, serta analisis market yang potensial. Terutama berdasarkan pengalaman penyelenggaraan MotoGP sebelumnya di Sepang, Malaysia.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.