Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Enovid, Nose Sanitizer Yang Mampu lumpuhkan 99,9 Persen Virus Corona Dalam Waktu 2 Menit

Jumat, 14 Januari 2022 11:47 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Memasuki awal tahun 2022, pandemi belum berakhir. Covid-19, justru terus bermutasi menjadi beberapa varian. Mulai dari Delta, Omicron, hingga IHU. Omicron memiliki tingkat penularan yang sangat cepat.

Varian itu sudah menyebar secara lokal di Indonesia. Penerapan protokol kesehatan (prokes), menjadi kunci untuk menekan penularan virus tersebut. Tak hanya rajin menjaga kebersihan tangan, namun perlu juga menjaga saluran pernapasan.

Penggunaan nose sanitizer, dianggap para pakar kesehatan di dunia menjadi penting, lantaran virus atau partikel lain terhirup masuk melalui hidung. Kemudian, virus akan menyebar ke seluruh tubuh bersamaan dengan penyaluran oksigen ke melalui pembuluh darah.

Baca juga : Sandi Berharap Pesantren Hadirkan Pengusaha Kelas Dunia

Untuk menambah proteksi, selain menggunakan masker, kita juga dapat menggunakan nose sanitizer atau semprotan hidung, yang mampu meminimalisir risiko menangkal virus serta partikel lain yang menyebar melalui udara.

Nose sanitizer adalah alat kesehatan yang digunakan untuk mensterilkan hidung dari berbagai virus atau partikel yang bercampur dengan udara yang kita hirup.

"Virus dapat lolos dari masker. Sebagai penguat dari prokes, nose sanitizer memiliki peran untuk mencegah virus masuk menuju paru-paru," ujar Mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Dr Achmad Sujudi, dalam diskusi melalui zoom meeting, di Jakarta, dikutip Jumat (14/1).

Baca juga : Air Purifier Coway: Sehatkan Udara, Kurangi Virus Corona

Perlu kita terapkan semboyan dalam diri kita agar "jangan tertular dan tidak menularkan". Untuk mewujudkan hal tersebut kita harus mengetahui mekanisme penularannya termasuk pintu masuk virus tersebut ke badan kita.

"Port d'entre” yang tidak lain adalah hidung, mulut dan mata, terutama hidung yang merupakan saluran utama pernapasan kita," tambah Sujudi. 

Upaya membersihkan rongga hidung, mematikan virus yang akan masuk ke saluran pernafasan harus dilakukan dengan benar. Banyak yang melakukan tidak sesuai ketentuan kesehatan. Pemakaian uap air yang dihisap, dengan suhu uap air sekitar 60- 80 derajat Celcius, dapat berpengaruh terhadap paru-paru yang menyebabkan oedema paru.

Baca juga : Airlangga Ingatkan Lagi Perusahaan Swasta Bayar THR

"Selain itu ada produk farmasi, yang berbentuk nose sanitizer yang dalam penelitiannya dapat mengurangi viral load bagi penderita Covid dengan gejala ringan dan bisa memberikan efek pencegahan," bebernya.

Salah satu nose sanitizer yang diketahui bisa membunuh virus dalam hitungan menit adalah Enovid. Enovid yang dikembangkan oleh SaNotize Canada, diklaim mampu membunuh virus Covid -19 hingga 99,9 persen.

"Nose sanitizer yang dikembangkan ini sudah terbukti tidak hanya sebagai pencegah virus penyebab Covid-19, tetapi juga membunuh virus Covid-19 ini dengan cepat," ucap CEO dan pendiri SaNotize, Dr. Gilly Regev.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.