Dark/Light Mode

Jumlah UMKM Asal Tiga Kota Ini Meningkat di Tokopedia

Senin, 17 Januari 2022 11:57 WIB
Aplikasi Tokopedia. (Foto: ist)
Aplikasi Tokopedia. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Antusiasme masyarakat dalam mendukung pegiat usaha lokal di Indonesia, khususnya usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) terus meningkat. Platform jual beli Tokopedia mencatat kenaikan jumlah kelompok usaha baru dari daerah Denpasar, Makassar dan Palembang.

“Denpasar, Makassar dan Palembang menjadi daerah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual selama 2021 dibandingkan 2020,” jelas Head of Regional Growth Expansion (RGX) Tokopedia, Trian Nugroho.

Di Denpasar, bidang usaha kecantikan, makanan dan minuman serta kesehatan dan perawatan diri merupakan kategori paling laris selama 2021. Hal ini juga melatarbelakangi peningkatan transaksi rata-rata UMKM Denpasar menjadi lebih dari 1,5 kali lipat dibandingkan 2020.

Baca juga : Kepala Daerah IKN Baru Setara Menteri, Diangkat Presiden

Sementara kenaikan transaksi rata-rata UMKM dari Makassar menjadi lebih dari dua kali lipat. Sektor makanan dan minuman, perlengkapan ibu dan anak serta kecantikan menjadi kategori dengan peningkatan transaksi paling tinggi dibanding tahun lalu.

Di Palembang, kategori yang mengalami peningkatan transaksi paling tinggi sepanjang 2021 adalah perlengkapan ibu dan anak, rumah tangga, kesehatan dan perawaratan diri dan juga fesyen. Bahkan angka transaksi tahun ini meningkat hingga tiga kali lipat.

“Ke depannya, kami akan terus berkolaborasi dengan mitra strategis agar UMKM lokal konsisten menemukan momentum di tengah pandemi untuk merajai negeri sendiri,” tambah Trian.

Baca juga : Sewindu UU Desa, Gus Halim: Desa Mandiri Meningkat, Desa Tertinggal Berkurang

Program Hyperlocal Tokopedia yang diusung selama 2021 untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat sehingga UMKM lokal di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

“Contoh program turunan inisiatif Hyperlocal termasuk Waktu Indonesia Belanja (WIB) Lokal, Kumpulan Toko Pilihan (KTP), Bangga Buatan Indonesia dan masih banyak lainnya,” jelas Trian lagi.

Selain itu, ada Digitalisasi Pasar Tradisional dimana Tokopedia bersama pemerintah mendigitalisasi pasar tradisional di berbagai kota. Contohnya, ada Pasar Pa’baeng-baeng Timur dan Pasar Kampung Baru di Makassar. [MER]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.