Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kunker Ke Enrekang, Mentan Dorong Tiga Komoditas Ini Dikembangkan

Sabtu, 1 Januari 2022 08:13 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpp saat kunjungan kerja ke Enrekang, Rabu (29/12)/Ist
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpp saat kunjungan kerja ke Enrekang, Rabu (29/12)/Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - Sektor pertanian di masa pandemi, menurut Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, menjadi salah satu penyangga perekonomian nasional. 

Hal itu disampaikan Syahrul setelah melakukan tanam jagung dan kedelai di Desa Pattondon Salu, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang Sulawesi Selatan, Rabu (29/12).

Menurut Syahrul, kontribusi sektor pertanian tersebut tidak lepas dari kerja keras semua pihak, mulai dari  kepala daerah, dinas pertanian, BUMN, perbankan dan paling utama adalah para petani.

Baca juga : Potensi Pulau Bintan Dipromosikan Di Shanghai

“Indonesia memiliki sumber daya alam yang luar biasa, termasuk tanah (Enrekang-red) ini. Tanahnya subur dan masyarakatnya giat bekerja. Ekspor kita naik salah satunya mungkin disumbang dari hasil pertanian Enrekang," kata Syahrul.

Masa depan pertanian Indonesia, menurut Syahrul, didukung oleh tiga hal. Yakni, sumber daya alam, tenaga kerja dan teknologi.

“Ingat, Indonesia ini dikaruniai Tuhan dengan alam yang luar biasa. Ini menjadi bagian dan resource kita untuk membangun Indonesia. Tinggal ada kemauan atau tidak untuk bekerja," ungkapnya.

Baca juga : Kebut Hilirisasi, Pemerintah Dorong Kemitraan Yang Menguntungkan

Syahrul mendorong Enrekang memiliki icon komoditas pertanian yang menjadi branding di kancah nasional. Di hadapan Bupati Enrekang Muslimin Bando, Syahrul mengajak untuk mengembangkan tiga komoditas pertanian.

“Kopi, lalu bawang merah memiliki potensi. Kemudian, sapi. Pak Bupati, ayo, kita mainkan tiga itu," ajaknya.

Bupati Enrekang Muslimin Bando, melaporkan bahwa kopi Enrekang merupakan salah satu kopi terbaik. Dia juga menambahkan, walaupun jenis tanah di Kecamatan Maiwa cenderung berpasir, tapi dengan teknologi, dia yakin bawang merah bisa dioptimalkan.

Baca juga : Kunker Ke Bali Dan Sulteng, Presiden Tinjau Pameran Industri Hingga Resmikan Pabrik Nikel

"Selain kopi dan bawang merah, Enrekang juga sangat siap untuk pengembangan sapi, karena kultur orang Enrekang adalah peternak," pungkasnya.

Selain melakukan tanam jagung dan kedelai, di lokasi yang sama, Syahrul bersama Bupati Enrekang, Wakil Ketua DPRD Sulawesi Selatan Syaharuddin Alrif serta jajaran Kementan, melakukan panen Sarang Burung Walet. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.