Dark/Light Mode

Kerek Pariwisata

Bandara Bintan Baru Ditarget Rampung 2023

Rabu, 26 Januari 2022 09:42 WIB
Pembangunan Bandara Internasional Bintan Baru yang tengah dikerjakan pihak swasta yaitu PT Bintan Aviation Investment. (Foto: Dokumentasi KEMENHUB).
Pembangunan Bandara Internasional Bintan Baru yang tengah dikerjakan pihak swasta yaitu PT Bintan Aviation Investment. (Foto: Dokumentasi KEMENHUB).

 Sebelumnya 
Ke depannya, bandara ini mesti berkolaborasi dengan pelaku usaha bertaraf internasional, yang memiliki kemampuan menggerakkan para wisatawan mancanegara datang berwisata ke Bintan.

Managing Director PT Bintan Aviation Investment Michael Wudy mengatakan, bandara baru di Pulau Bintan itu akan menjadi pendorong ekonomi.

Baca juga : Revitalisasi TMII Dipatok Rampung Oktober 2022

“Dalam membangun kami akan tetap memperhatikan aturan dan mengutamakan aspek keselamatan,” ujarnya.

Pengamat Penerbangan Arista Atmadjati mengapresiasi pembangunan bandara baru. Namun, Arista lebih memilih mengoptimalkan bandara lama yang sudah ada, dibanding membuat bandara baru.

Baca juga : Top, Pertamina Fastron Juara Putaran Pertama Proliga 2022

“Sebaiknya stop dulu bangun atau upgrade bandara baru. Optimalkan rawat bandara yang ada, sambil lihat tren pemulihan pergerakan penumpang tahun 2022,” saran Arista.

Menurut dia, saat ini pergerakan penumpang pesawat masih belum padat karena dampak pandemi Covid-19.

Baca juga : Direvitalisasi, Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup Sementara

Diketahui, pembangunan Bandara Bintan Baru ini telah berlangsung sejak 2015. Proses pembangunan saat ini memasuki tahap pemadatan tanah untuk landasan pacu sepanjang 3.000 meter.

Adapun Bintan Aviation Investment akan membangun proyek bandara dan Aerospace Industry Park dengan luas lahan kawasan 800 hektare. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.