Dark/Light Mode

Digitalisasi, Bikin Distribusi Pupuk Subsidi Real Time

Kamis, 27 Januari 2022 10:40 WIB
Ilustrasi pupuk Indonesia. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi pupuk Indonesia. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Indonesia (Persero) terus memperkuat proses pendistribusian dan pengawasan pupuk bersubsidi ke berbagai daerah. Salah satunya adalah dengan melakukan pengawasan distribusi pupuk dari pabrik sampai ke kios secara real time.

Direktur Pemasaran Pupuk Indonesia, Gusrizal mengatakan, bahwa dengan teknologi digital, pihaknya dapat melacak lang sung perjalanan produk pupuk subsidi baik yang menggunakan kapal laut maupun angkutan darat.

Baca juga : Pupuk Indonesia Awasi Distribusi Pupuk Subsidi Secara Real Time

“Dengan sistem yang kami miliki ini, kita dapat mengetahui posisi barang setiap saat. Dan dapat lebih dini mengetahui bila ada potensi kekurangan pasokan di daerah tertentu,” tutur Gusrizal dalam rilisnya, Rabu (26/1).

Sistem yang sudah dioperasikan sejak 2020 ini dinamai Dis tribution Planning & Control System (DPCS). Melalui sistem ini, Pupuk Indonesia dapat mengawasi teknis penyaluran pupuk subsidi secara real time.

Baca juga : Direvitalisasi, Bandara Halim Perdanakusuma Ditutup Sementara

DPCS dapat mengawasi proses distribusi dari gudang produsen hingga kios-kios resmi. Bahkan DPCS mampu mengetahui jumlah stok saat dalam perjalanan (intransit). Baik darat maupun saat di pelabuhan.

Selain data stok, DPCS juga menyajikan data penjualan, alokasi pupuk subsidi di setiap daerah, kapasitas gudang, informasi distributor dan pengecer, hingga kontak staf distribusi dan pemasaran di masing-masing wilayah.Sehingga sistem ini dapat memberikan gambaran utuh terkait pendistribusian pupuk subsidi ke berbagai daerah.

Baca juga : Kenaikan Harga Pupuk Bebani Petani Sawit

DPCS juga dilengkapi fitur peringatan dini atau Early Warning System untuk mendeteksi kondisi stok di daerah yang ditandai dengan indikator warna.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.