Dark/Light Mode

Nggak Mau Kalah Sama Pertamina, Pupuk Indonesia Siap Bikin Kios Pupuk Nonsubsidi

Minggu, 12 Desember 2021 21:05 WIB
Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Bakir Pasaman saat menjadi bintang tamu dalam Muda Podcast bersama RM.id bertajuk Pupuk Indonesia, Bicara Transformasi, Pertanian, dan Petani Milenial, yang ditayangkan di channel YouTube BUMN Muda, Minggu (12/12). (Foto: BUMN Muda)
Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Bakir Pasaman saat menjadi bintang tamu dalam Muda Podcast bersama RM.id bertajuk Pupuk Indonesia, Bicara Transformasi, Pertanian, dan Petani Milenial, yang ditayangkan di channel YouTube BUMN Muda, Minggu (12/12). (Foto: BUMN Muda)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Bakir Pasaman mengaku iri dengan PT Pertamina (Persero). Loh kenapa? Soalnya, Pertamina punya banyak kios untuk menjual produk-produknya.

"Kita ngiri sama Pertamina. Pertamina punya kios di mana-mana, Pertashop. Masa sih Pupuk Indonesia nggak punya kios," ungkap Bakir, dalam dalam Muda Podcast bersama RM.iidbertajuk "Pupuk Indonesia, Bicara Transformasi, Pertanian, dan Petani Milenial", yang ditayangkan di channel YouTube BUMN Muda, Minggu (12/12).

Dia mengungkapkan, saat ini, Pupuk Indonesia punya sekitar 28 ribu kios. Tapi, kios-kios itu, hanya menyediakan pupuk subsidi. Bakir ingin, selain pupuk subsidi, kios-kios itu juga menyalurkan pupuk nonsubsidi alias pupuk komersil.

Baca juga : Harga Minyak Dunia Naik, Harga LPG Indonesia Dinilai Perlu Koreksi

Malah, dia berencana membangun kios-kios mandiri yang menyediakan pupuk komersil. Soalnya, menurut pengakuannya, banyak petani yang menginginkan pupuk nonsubsidi.

"Tentunya kuping kita juga agak sakit ketika dengar petani teriak 'wah pak, kami tidak memerlukan pupuk subsidi, kalau ada yang nonsubsidi pun kami sanggup beli, asal barangnya ada. Di mana kami beli?'.Wah saya pikir celaka ini, kalau begini kesalahannya ada di kami," bebernya.

Diungkapkan Bakir, tahun depan, Pupuk Indonesia berencana membangun 1.000 kios untuk memasarkan pupuk komersil. Kiosnya pun digital.

Baca juga : KSP Dukung Penguatan Kerja Sama Pertahanan Indonesia-India

"Jadi nanti kita lengkapi, harus ada dong, iPad. Kita ingin bangun sistem seperti e-mart atau Alfamart. Ini sudah jalan di beberapa tempat, tapi masih uji coba. Namanya retail manajemen sistem, " ungkap Bakir.

Kalau sudah berjalan, Bakir akan mengajak Menteri BUMN Erick Thohir untuk melihatnya langsung. "Terserah deh dikasih nama apa," selorohnya disambut tawa dua host podcast, Direktur Rakyat Merdeka Kiki Iswara dan Ketua BUMN Muda Soleh Ayubi.

Bakir pun berharap, kios Pupuk Indonesia, bisa mengalahkan kios Pertashop milik Pertamina. " Syukur-syukur lebih banyak nanti dari Pertashop," tandas Bakir diselingi tawa renyah. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.