Dark/Light Mode

B20 Inception Meeting

Kebut Pertumbuhan Ekonomi, Airlangga Tekankan Perlunya Komunikasi Strategi Global

Jumat, 28 Januari 2022 19:22 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Biro Klik Kemenko Perekonomian)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Biro Klik Kemenko Perekonomian)

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia akan fokus pada tiga isu utama: memperkuat arsitektur kesehatan global, transformasi ekonomi berbasis digital, dan transisi energi dalam Presidensi G20.

Selain itu, Indonesia juga mengupayakan penciptaan ide-ide baru, untuk mempercepat pemulihan global. Serta mewujudkannya melalui berbagai aksi nyata, bagi kehidupan masyarakat lintas batas dan lintas negara.

Seperti diketahui, perekonomian global saat ini menghadapi tantangan pemulihan yang tidak merata dan ketidakpastian global, yang berdampak pada perekonomian negara berkembang dan maju. Baik bagi negara anggota G20, maupun di luar G20.

Baca juga : Menkominfo Targetkan Layanan Komunikasi Merata

Untuk itu, dalam mendukung G20 agar dapat mencapai pertumbuhan yang inklusif, kuat dan berkelanjutan, Forum Business20 (B20) harus dapat menjembatani antara konsep dan ide dengan aksi nyata. Sehingga, G20 dapat diimplementasikan secara kongkret.

“Kami berharap, acara ini dapat menjadi media diskusi antara pemerintah dengan seluruh pemangku kepentingan, baik di tingkat regional maupun global. Ini penting untuk mengomunikasikan strategi, untuk memastikan percepatan pertumbuhan ekonomi pada tahun 2022,” ucap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam acara pembukaan B20 Inception Meeting, yang dilaksanakan di Jakarta, Kamis (27/1).

Menko Airlangga juga menekankan perlu ditemukannya cara, untuk mencapai keseimbangan antara pemulihan dari pandemi dan pemulihan ekonomi.

Baca juga : Jelang MotoGP, Pemerintah Kebut Pemenuhan Kekurangan Penginapan

Pembukaan kembali kegiatan ekonomi, bisnis dan masyarakat perlu diiringi dengan diperkuatnya sistem kesehatan dalam mengendalikan penyebaran virus.

Peristiwa pandemi menegaskan, pengambilan kebijakan terkait kesehatan yang tepat sasaran akan menopang ekonomi yang tangguh, inklusif, dan berkelanjutan.

Kebijakan kesehatan yang lebih kuat adalah kunci exit strategy.

Baca juga : Sikat Stunting, Menkominfo Siapkan Dukungan Komunikasi Dan Akses Internet

Sementara itu, dalam kaitannya dengan pengembangan digitalisasi, Indonesia mengajak negara anggota G20 untuk meningkatkan upaya dalam memastikan transformasi digital berlangsung. Karena inovasi dan teknologi dapat bermanfaat bagi yang dapat mengelolanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.