Dark/Light Mode

PPJI Expo 2022 Jadi Momen Kebangkitan Pelaku Usaha Jasa Boga

Sabtu, 5 Februari 2022 17:04 WIB
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat membuka PPJI Expo 2022 di Smesco Indonesia. Jakarta, Sabtu (5/2/). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki saat membuka PPJI Expo 2022 di Smesco Indonesia. Jakarta, Sabtu (5/2/). (Foto: Dok. Kemenkop UKM)

 Sebelumnya 
Ia mengatakan, saat ini melihat penyelenggaraan acara pernikahan merupakan salah satu media mengangkat kekayaan budaya di Indonesia, melalui hidangan yang disajikan, souvenir dan aksesoris pendukung tema penyelenggaraan acara.

"Agregasi produk, jasa dan pelaku UMKM diharapkan mampu meningkatkan penggunaan produk dan jasa lokal dan dengan skala ekonomi meningkatkan daya saing," ujar Teten.

Teten berharap, PPJI dapat berperan sebagai agregator bagi para pelaku UMKM binaannya untuk melakukan ekspor, mengingat PPJI memiliki sekitar 3.000 anggota di seluruh Indonesia.

Baca juga : 2022, LinkAja Fokus Kembangkan Bisnis Model 2 Arah

Menurutnya, saat ini terdapat beberapa UKM yang telah melakukan agregasi ekspor bagi produk UMKM lainnya ke beberapa negara. Diharapkan PPJI juga menjadi agregator bagi anggotanya. Bisa membawa anggota sampai menembus ke luar negeri.

Atas diselenggarakannya PPJI Expo 2022, Teten berharap, kerja sama dan kolaborasi yang baik antara pemerintah dan asosiasi dan berbagai pihak dapat terus dijaga.

"Kepada seluruh peserta pameran, saya harapkan kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk berjejaring sekaligus mempromosikan produk dan jasanya," pungkas Teten.

Baca juga : Athletic Bilbao Vs Real Madrid, Momen Kebangkitan

Di kesempatan yang sama, Ketua PPJI DPD DKI Jakarta Siti Jumiadini menegaskan, event ini menjadi momentum titik balik pelaku usaha, khususnya industri jasa boga.

"Meski saat ini masih khawatir karena pandemi, tetapi kami optimis ekonomi bisa stabil dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Dan apa yang kami lakukan bisa memotivasi para pelaku usaha," kata Siti.

Secara virtual, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, industri kuliner mengalami tantangan yang luar biasa saat pandemi lantaran adanya pembatasan kegiatan masyarakat.

Baca juga : Read Aloud, Cara Mudah Kembangkan Literasi Anak Sejak Dini

"Acara PPJI Expo 2022 sangat disambut baik, agar pelaku usaha bisa bangkit lagi, serta terus melakukan terobosan," harap Anies. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.