Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Balik Menghilangnya Kentang Goreng Ukuran Besar Di Restoran Cepat Saji

Minggu, 6 Februari 2022 14:36 WIB
Ilustrasi. (IST)
Ilustrasi. (IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kelangkaan kentang untuk konsumsi industri makanan saat ini, yang sudah mengakibatkan hilangnya kentang goreng ukuran besar dari menu restoran cepat saji.

Kelangkaan ini menggambarkan betapa tergantungnya negeri ini pada impor dalam pemenuhan kebutuhan industrinya.

Kepala Penelitian Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Felippa Ann Ananta mengatakan, kelangkaan kentang saat ini terjadi karena disrupsi rantai pasok global.

"Namun disrupsi ini hanya temporer. Secara jangka panjang, Indonesia tetap membutuhkan impor kentang dari luar negeri untuk memenuhi konsumsi,” ujarnya.

Baca juga : Nyetir Saat Mabuk, Pria Tabrak Resto Cepat Saji

Menurutnya, bagi kebanyakan rumah tangga, kelangkaan kentang ini tidak terasa karena selain bukan merupakan bahan pokok, pasokan kentang sayur yang biasa dikonsumsi rumah tangga, memang masih mencukupi.

Kelangkaan terjadi pada pasokan kentang olahan untuk keperluan industri makanan, seperti untuk french fries atau keripik misalnya. Indonesia hanya dapat memproduksi sekitar 25 persen dari kebutuhan kentang olahan industri makanan.

Defisitnya dipenuhi dengan mengimpor kentang olahan, terutama varietas Atlantic, dari Eropa dan Amerika Serikat. Yang mutu olahnya lebih baik dan lebih stabil.

Sebagian juga menggunakan kentang dari surplus kentang sayur dengan mutu olahan yang lebih rendah.

Baca juga : Program Kampung Mangga Kementan Bantu Turunkan Emisi Gas Rumah Kaca

Data Balai Penetlitian Tanaman Sayurtan (BALISTA) tahun 2020 menunjukkan Indonesia mengimpor 25.410 ton kentang dari Belgia, 20.850 ton dari Amerika Serikat dan 19.100 ton dari Belanda dengan total nilai nilai impor mencapai 69,79 juta dolar AS.

"Kelangkaan stok kentang olahan yang kini tidak saja dialami Indonesia tetapi juga negara-negara lain," imbuhnya.

Salah satu penyebabnya adalah menurunnya kapasitas pertanian dan industri pengolahan di Amerika serikat menyusul merebaknya pandemi Covid-19.

Serta faktor cuaca yang menyebabkan banjir di pelabuhan transit seperti di Vancouver, frost dan curah hujan tinggi di Afrika Selatan.

Baca juga : Kunjungi Lokasi Terdampak Gempa Pandeglang, Wapres Apresiasi Respon Cepat Kemensos

Di Indonesia, kelangkaan ini sudah menyebabkan sebuah restoran cepat saji ternama menghentikan penjualan kentang goreng ukuran besarnya sejak awal bulan ini.

Produksi kentang Indonesia terus fluktuatif dalam beberapa tahun terakhir ini. Tapi volumenya selalu melebihi kebutuhan konsumsi rumah tangga.

Sekitar 80 persen produksi kentang di Indonesia merupakan kentang sayur untuk kebutuhan rumah tangga. Sementara sisanya kentang olahan untuk industri makanan.

“Peningkatan produktivitas kentang dalam negeri perlu terus diusahakan supaya kualitasnya berdaya saing. Prosedur impor yang transparan dan sederhana juga diharapkan dapat memastikan ketersediaan kentang untuk kebutuhan industri,” tandas Felippa.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.