Dark/Light Mode

Buka Ribuan Lapangan Pekerjaan

MotoGP Mandalika Bangkitkan Ekonomi Hingga Rp 500 M

Minggu, 13 Februari 2022 09:29 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Twitter @sandiuno)
Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Twitter @sandiuno)

 Sebelumnya 
“Pertumbuhan ekonomi akan dipengaruhi investasi dari dalam negeri dan luar negeri hingga faktor kesehatan. Tidak kalah pentingnya, industri pariwisata juga harus diposisikan dengan baik,” kata Erick, dalam konferensi pers launching Pertamina Grand Prix of Indonesia, Rabu (9/2). 

Menurutnya, event MotoGP juga digarap serius karena tidak hanya sekali dilaksanakan di Indonesia. Berbeda dengan kejuaraan dunia ataupun Asian Games, ajang ini akan berlangsung 10 tahun ke depan. “Insya Allah MotoGP 10 tahun di Indonesia. Artinya, akan ada kontinuitas memposisikan Indonesia di dunia. Bagaimana posisi kita sebagai negara besar terlihat di sini nantinya,” tegas Erick. 

Baca juga : MotoGP Mandalika Bangkitkan Ekonomi Hingga Rp 500 Miliar

Ekonom Center of Reform on Economics (Core) Yusuf Rendy mengatakan, ada beberapa dampak yang terjadi dari penyelenggaraan MotoGP. Pertama, sektor yang berkaitan dengan perjalanan dan akomodasi. Misalnya transportasi, restoran dan juga hotel/penginapan. 

“Ini akan meningkat karena ada kunjungan masyarakat atau wisatawan yang ingin menonton MotoGP. Dengan banyaknya wisatawan mancanegara yang datang, devisa akan meningkat juga,” kata Yusuf, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Perbaiki Ventilasi, Perusahaan Di Malaysia Bisa Dapat Diskon Pajak Hingga Rp 1 M

Untuk mengoptimalkan sumbangsih ajang MotoGP ke perekonomian, Pemerintah perlu juga mendorong keterlibatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Selain itu, penyelenggaraan MotoGP bisa dilakukan sepaket dengan kegiatan pariwisata dan kebudayaan lain. Bisa juga ke sentra market UMKM. 

“Jika belum ada, tentu perlu dipertimbangkan dibangun. Souvenir yang disiapkan untuk para pembalap juga harus barang produksi dari UMKM di wilayah sekitar,” sambung Yusuf. 

Baca juga : Cek Kesiapan Pramusim MotoGP Mandalika, Kapolri Cek Pelaksanaan Prokes Dan Pengamanan

Menurut dia, untuk tahap awal, penciptaan lapangan kerja akan lebih banyak untuk MotoGP sirkuit official. Seperti petugas flag marshal, paddocks and communication. Namun di tahun-tahun setelahnya, serapan tenaga kerja akan terjadi dari terciptanya titik-titik wisata baru, yang bisa dimaksimalkan untuk dijadikan 1 paket wisata dengan penyelenggaraan MotoGP. “Manfaat ke ekonomi akan semakin besar,” pungkasnya. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.