Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dukung MotoGP Mandalika, Kominfo Tambah Bandwith 4G

Sabtu, 22 Januari 2022 08:38 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate. (Foto: Istimewa)
Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk mendukung kegiatan MotoGP Mandalika 2022 yang akan berlangsung bulan Maret mendatang, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bakal memperkuat infrastruktur telekomunikasi. Di antaranya dengan mengoptimalkan jaringan 4G dan menyiapkan 5G experience.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate mengatakan, pemerintah menyiapkan 4G sebagai tulang punggung dan 5G experience selama MotoGP Mandalika berlangsung. Pihaknya akan juga menambah bandwith serta menyiapkan show case 5G.

"Di samping Telkomsel, XL dan Indosat Ooredoo pun sudah siap untuk 5G experience," ujarnya dalam Forum Koordinasi Media Peliputan MotoGP 2022 yang berlangsung secara daring dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (21/01).                

Menurut Johnny, cakupan layanan baik 4G maupun 5G akan disediakan di beberapa lokasi strategis. Seperti tempat berkumpulnya insan media, akomodasi, sekuriti, bandara internasional, dan sirkuit MotoGP Mandalika.                

Baca juga : MotoGP Mandalika, Waktunya UMKM Hasil Industrialisasi NTB Unjuk Gigi

"Di kawasan Mandalika kami siapkan dan kami akan jaga dengan baik. Juga disiapkan untuk Telkom milimeter wave untuk show case demo 5G spektrum tinggi 26 dan 28 GHz. Itupun kita siapkan untuk mereka menyiapkan 5G experience," sambungnya.                

Sedangkan untuk penyelenggara telekomunikasi XL Axiata juga akan show case 5G dengan teknologi fixed wireles access dan immersive extended reality berupa virtual racing.

"Ada banyak nanti 5G yang ditempatkan di Mandalika untuk experience-nya memanfaatkan virtual reallity itu bisa nanti disaksikan. Pada intinya kerjasama antara Kominfo dengan operator seluler maupun dengan operator fiber optic kita koordinasikan terus menerus," jelas Menteri Johnny.

Untuk mengantisipasi kenaikan pengguna telekomunikasi, Kementerian Kominfo menyiapkan spektrum tambahan agar penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 berlangung dengan baik.                

Baca juga : Dibuang Arsenal, Kolasinac Berlabuh Ke Marseille

"Saya diinformasikan bahwa akan ada 110 ribu pengunjung ke Mandalika, berarti traffic bandwidth-nya tinggi. Kita harus menyiapkan bandwidth yang cukup agar speed upload dan download internetnya juga lancar," kata Johnny.

Rata-rata penggunaan kapasitas internet paling rendah antara 2-3 Mbps kecepatan harus disiapkan. Saat ini, Kementerian Kominfo telah mengukur ketersediaan di wilayah Mandalika di atas 10 Mbps.                

"Tapi pada saat banyak orang datang pasti akan berpengaruh. Sehingga di saat perlombaan setiap orang butuh layanan internet, maka layanan ini akan kita jaga dengan baik sehingga 4G dan 5G kita siapkan di area masif," paparnya.                

Lebih lanjut, Menteri Johnny menyatakan MotoGP memiliki banyak penggemar di seluruh dunia. Baik dari kalangan milenial, selebritas. Bahkan, menurutnya di Indonesia dan luar negeri nama pembalap juga sangat terkenal.

Baca juga : Dukung MotoGP, Mataram Siapkan Puluhan Rumah Untuk Penginapan Tamu

Oleh karena itu, MotoGP Mandalika menjadi momentum dan sebagai etalase Indonesia di mata dunia.                

"Momentum ini yang harus kita jaga dengan baik. Karenanya pesan kunci yang terkait dengan kesiapan infrastruktur sirkuit itu sendiri dan kesiapan di sektor telekomunikasi juga penting kita perhatikan," tandasnya. [OSP]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.