Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Terapkan Inovasi Teknologi

13 Bandara Terbaik Versi Konsumen, AP I Happy

Jumat, 18 Februari 2022 07:18 WIB
Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi. (Foto : Humas Angkasa Pura I).
Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) Faik Fahmi. (Foto : Humas Angkasa Pura I).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura (Persero) atau AP I kian menggenjot inovasi teknologi, yang menjadi kunci bagi pelaku usaha bertahan di masa pandemi.

Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan, di tengah kondisi pandemi, pihaknya berupaya meminimalisir laju penularan Covid-19 melalui implementasi protokol kesehatan ketat.

Salah satunya dengan menghadirkan beragam inovasi dalam hal layanan konsumen.

“Kami menerapkan berbagai prosedur tambahan yang sejalan dengan peraturan. Ini demi memastikan kenyamanan, keamanan dan kesehatan pengguna jasa dalam melakukan perjalanan udara,” jelas Faik dalam keterangan resminya, Senin (14/2).

Sejumlah inovasi AP I ini, lanjut Faik, telah mendapatkan pengakuan dari Airport Council International (ACI). Sebanyak 13 bandara kelolaan AP I mendapat pengakuan sebagai The Voice of Customer.

Baca juga : LPSK Temukan Indikasi Perdagangan Orang Terkait Kerangkeng Bupati Langkat

“Pengakuan ini apresiasi atas komitmen bandara-bandara AP I yang terus memprioritaskan, mendengarkan dan beradaptasi dengan pelanggan selama pandemi di tahun 2021,” kata Faik.

Adapun 13 bandara Angkasa Pura Airports tersebut yaitu, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapa.

Juga Bandara Internasional Yogyakarta. Kemudian, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Lombok Praya, Bandara El Tari Kupang, Bandara Pattimura Ambon dan Bandara Frans Kaisiepo Biak.

Penghargaan tersebut merupakan hasil dari upaya AP I, yang terus berkomitmen mendengarkan suara pengguna jasa, beradaptasi dan berinovasi.

“Terutama bagi AP I dalam memberikan standar pelayanan tertinggi bagi pengguna jasa di tengah situasi pandemi secara berkelanjutan,” tutup Faik.

Baca juga : Dukung Kemajuan Teknologi, Sahabat Ganjar Terapkan Absensi Digital Di Rakernas I Bali

Diketahui, setidaknya ada lima inovasi layanan AP I selama masa pandemi. Pertama, Virtual Customer Service, layanan petugas customer service yang tidak berhadapan langsung secara fisik dengan pengguna jasa bandara, namun melalui perangkat layar monitor.

Petugas customer service yang semula bertugas memberikan layanan informasi kepada pengguna jasa bandara di gerai customer service, kini ditempatkan secara terpusat di Airport Operation Control Center (AOCC), dengan fasilitas layanan menggunakan teknologi teleconference.

Kedua, Boarding Pass Scanner, yang merupakan fasilitas baru yang dihadirkan di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

Hal ini guna meminimalisir kontak fisik dan memberikan kemudahan bagi penumpang dalam pemindaian boarding pass.

Ketiga, Premium Airport Special Service (PASS). Salah satu bentuk inovasi layanan melalui penciptaan customer experience yang dilakukan Angkasa Pura Hotel, sebagai perusahaan penyedia layanan hospitality dan diharapkan dapat berkontribusi signifikan terhadap kinerja bisnis perusahaan.

Baca juga : Jumlah Kawasan Industri Terus Bertambah, Menperin Happy

Keempat, Microsite Informasi Covid-19, yaitu inovasi AP I dalam menyediakan layanan informasi regulasi penerbangan terbaru berbasis website.

Terutama dalam memudahkan calon penumpang untuk mengetahui persyaratan penerbangan terkini.

Kelima, inovasi Airport Health & Vaccination Center. Layanan pemeriksaan tes cepat Covid-19 dan vaksinasi yang disediakan oleh AP I di bandara untuk mengakomodir kebutuhan pengguna jasa. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.