Dark/Light Mode

Klinik Kimia Farma Siap Layani Vaksinasi Booster

Sabtu, 19 Februari 2022 10:42 WIB
Ilustrasi Klinik Kimia Farma. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi Klinik Kimia Farma. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Seperti nyeri di tempat suntikan, pembengkakan, dan kemerahan. Serta reaksi sistemik seperti sakit kepala, kelelahan, dan nyeri otot, dengan tingkat keparahan grade 1-2.

Baca juga : Kematian Covid Meningkat, Kapolda Fadil Genjot Vaksinasi Lansia

Sementara jika dilihat dari aspek imunogenisitas, peningkatan respons imun humoral untuk parameter pengukuran antibodi netralisasi dan anti IgG masing-masing sebesar 8,4 kali dan 8 kali lipat dibandingkan sebelum pemberian booster.

Baca juga : Yuk, Lawan Varian Omicron Pakai Vaksinasi Dan Prokes

“Artinya, respons imun setelah pemberian booster ini lebih tinggi dibandingkan respons imun yang dihasilkan pada saat vaksinasi primer,” jelasnya.

Baca juga : BNPT Ajak Ormas Keagamaan Cegah Radikalisme Dengan Vaksinasi Ideologi

Ia menambahkan, dengan telah diterbitkannya EUA Sinopharm sebagai booster homolog, maka masyarakat yang telah mendapatkan Vaksin Co vid-19 dosis primer Sinopharm melalui Badan hukum/Badan Usa ha bisa mengajukan pelaksanaan vaksinasi booster. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.