Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Berkat Digitalisasi, Telkom Sukses Kembangkan UKM Di Lampung

Sabtu, 26 Februari 2022 23:33 WIB
Senior General Manager Community Development Center Telkom Hery Susanto ( kanan) didampingi Senior Manager Pemberdayaan UMK Telkom Romles Simanjuntak (paling kiri) dan General Manager Telkom Witel Lampung Susila Shane Bona Paska (kedua  kiri) berkunjung ke mitra binaan Telkom Rumah Kopi JR Coffee di Lampung.
Senior General Manager Community Development Center Telkom Hery Susanto ( kanan) didampingi Senior Manager Pemberdayaan UMK Telkom Romles Simanjuntak (paling kiri) dan General Manager Telkom Witel Lampung Susila Shane Bona Paska (kedua kiri) berkunjung ke mitra binaan Telkom Rumah Kopi JR Coffee di Lampung.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Telkom Indonesia terus meningkatkan kesejahteraan untuk pelaku ekonomi lokal atau  Usaha Mikro Kecil (UMK).

Komitmen pengembangan ekonomi lokal tersebut, dapat dilihat dari jumlah mitra binaan Telkom yang tergabung dari seluruh Indonesia dengan berbagai bidang usaha. Salah satunya di kota Lampung, mitra binaan Telkom Rumah Kopi JR Coffee yang berhasil mengembangkan usaha sekaligus turut memberdayakan masyarakat lokal. Memiliki nama awal Kopi Bubuk Bintang Gajah yang berdiri pada tahun 2002, JR Coffee menjalankan usaha bersama 8 orang tenaga kerja dari lingkungan sekitar dengan seluruh proses produksi dari roasting hingga pengemasan masih dilakukan secara manual. 

Dengan total produksi mencapai 500 kg per bulan, proses pembuatan manual membutuhkan waktu yang cukup panjang. Hal ini tentunya menjadi tantangan bagi JR Coffee untuk mengembangkan usahanya lebih besar lagi ke depan.

Baca juga : BNI Tokyo Komitmen Kembangkan Bisnis UMKM Indonesia Di Jepang

Hingga akhirnya, JR Coffee bergabung sebagai mitra binaan Telkom pada tahun 2007 dan mendapatkan dukungan bantuan pinjaman modal usaha. Modal tersebut dimanfaatkan untuk pembelian mesin yang meningkatkan efektivitas produksi hingga satu ton per bulan demi memenuhi permintaan pasar, sekaligus memperluas jangkauan pemasaran. 

Tak hanya pemodalan, kini JR Coffee berhasil memasarkan produknya hingga keluar Pulau Sumatera dengan mengikuti berbagai pameran UKM dan berhasil sold out pada setiap kesempatan.

Hal sama dirasakan oleh pelaku industri kerajinan UD Mitra Elang Abadi yang bergerak di sektor usaha pengemasan kapas dan perdagangan. Usaha yang dirintis sejak tahun 2011 ini bergabung menjadi mitra binaan untuk mengembangkan sektor usahanya dari pengemasan kapas dan perdagangan, ke sektor kerajinan bola kaki dan celengan dengan dukungan pinjaman modal usaha dari Telkom. 

Baca juga : Steven Musa Sosialisasi Perda Keolahragaan Di Pademangan Timur

Memberdayakan 15 orang tenaga kerja lokal sekitar lokasi usaha, UD Mitra Elang Abadi berhasil memproduksi 10.000 buah bola setiap bulan. Kini tidak hanya memasarkan produknya di Lampung, UD Mitra Elang Abadi telah berhasil merambah ke Jambi dan Palembang.

Dalam mengembangkan usaha, diperlukan adanya inovasi dan penyegaran pola bisnis dari para pelaku UMK, khususnya di masa pandemi ini terjadi perubahan pola konsumsi barang dan jasa masyarakat yang awalnya offline menjadi online. 

“Perubahan seyogyanya diikuti dengan inovasi agar dapat bertahan dan berkembang. Tentunya dengan mengoptimalkan teknologi dan digitalisasi. Nah di sinilah Telkom memainkan peran untuk mendukung para pelaku ekonomi lokal,” ungkap Senior General Manager Community Development Center Telkom, Hery Susanto melalui keterangannya, Sabtu (26/2).

Baca juga : Erick Thohir Buka Peluang Mahasiswa Ikut Kembangkan Vaksin Di Biofarma

Lebih lanjut Hery mengatakan, bahwa digitalisasi menjadi sebuah kebutuhan penting. Terbukti berkat digitalisasi di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), sektor UMK tetap mampu memberikan kenaikan pada pemanfaatan e-learning, e-commerce, literasi digital, permintaan delivery, dan kebutuhan alat kesehatan/ kebersihan. 

Untuk itu, Telkom sebagai perusahaan telekomunikasi konsisten terus mengakselerasi pemerataan konektivitas sehingga seluruh masyarakat bisa memanfaatkan akses internet untuk kebutuhan sehari-harinya, termasuk dalam menjalankan usaha. 

"Kontribusi Telkom ini merupakan upaya untuk menjadikan teknologi digital yang bermanfaat untuk semua orang, sejalan dengan semangat kami #DigitalUntukSemua demi menjadikan Indonesia yang lebih baik," tutup Hery.[MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.