Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ketua DPRD Kukar Pastikan Mayoritas Warga Kalimantan Dukung IKN

Kamis, 17 Februari 2022 20:33 WIB
Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid. (Foto: Istimewa)
Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur (Kaltim) terus mendapatkan respon positif dari berbagai kalangan. Kali ini dukungan itu disampaikan oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kutai Kartanegara (DPRD Kukar) Abdul Rasid.

Menurutnya, IKN yang saat ini menjadi program pemerintah pusat bersama dengan DPR di dalamnya adalah bentuk berkah bagi masyarakat Kalimantan Timur secara luas.

Baca juga : Ketua DPR Yakin UU Keolahragaan Perbaiki Tata Kelola Dan Iklim Olahraga

"Keputusan Presiden Jokowi menetapkan wilayah Kaltim sebagai IKN menggantikan Jakarta, merupakan anugerah dan angin segar bagi  rakyat Kaltim, bisa dikatakan ini di luar dugaan khususnya bagi masyarakat Kabupaten Kukar," kata Rasid kepada wartawan di kantornya, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Kamis (17/2).

Ia menganggap, pembangunan IKN ini akan berdampak positif bagi lingkungan di Kaltim khususnya Kabupaten Kukar. Salah satunya adalah tentang infrastruktur yang akan lebih banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Baca juga : Gempa Darat M3,4 Getarkan Wilayah Bulungan Kalimantan Utara

"Hal ini tentu nanti berdampak positif bagi laju pembangunan infrastruktur di wilayah Kaltim, dan luar Jawa pada umumnya, khususnya di bidang pemerataan pembangunan," ujarnya.

Dijelaskan Rasid, bahwa selama ini, Provinsi Kaltim memberikan kontribusi devisa yang cukup besar bagi pendapatan nasional. Akan tetapi apa yang dirasakan oleh rakyat di pelosok Kaltim dalam memperoleh pemerataan pembangunan, ternyata masih jauh sekali di bandingkan dengan pembangunan di Jawa.

Baca juga : Jalanan Ibu Kota Lancar

Maka, dengan pemindahan IKN dari Jakarta ke Kaltim, tepatnya di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Penajam Paser Utara (PPU) sudah sangat tepat, khususnya di dalam mengatasi persoalan pemerataan pembangunan, khususnya di Pulau Kalimantan itu.

"Maka bisa dikatakan keputusan Presiden Jokowi menetapkan wilayah Kukar dan PPU sebagai IKN, merupakan keputusan yang arif dan sangat bijaksana. Mudah-mudahan penetapan IKN menjadi semangat baru bagi rakyat Kaltim untuk berperan serta dalam pembangunan IKN di daerah ini," sambungnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.